Inspiring City Pasuruan. Menjelang Haul ke 39 KH. Abdul Hamid Bin Abdulloh Umar yang akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 26 Oktober 2020 secara virtual. Maka pada hari Selasa tanggal 20 Oktober 2020 dilaksanakan rapat persiapan dipimpin langsung oleh Pjs. Walikota Pasuruan di Budja Cafe & Resto Kota Pasuruan. Rapat persiapan tersebut dihadiri Kapolresta Pasuruan, Kasdim 0819, Plt. Asisten Pemerintahan Kota Pasuruan, Kepala  OPD  Terkait dilingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Pengasuh Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah, Plt. Camat Panggungrejo, Kasie Kelurahan Kebonsari, Direktur PDAM, Perwakilan PLN serta undangan lain.

            Dalam kesempatan ini, Pjs. Walikota Pasuruan Bapak Dr. Ardo Sahak, SE, MM menyampaikan bahwa Haul ke 39 KH. Abdul Hamid Bin Abdulloh Umar harus kita diskusikan bersama. KH. Idris sangat memahami dan kita harus memahami juga. Karena Haul KH. Abdul Hamid Bin Abdulloh Umar setiap tahun dilaksanakan, untuk tahun ini ada pandemi Covid 19, sehingga harus kita pecahkan bersama. Dengan akan dilaksanakan Haul tersebut diharapkan peran dari Pemerintah Kota Pasuruan dan jajaran Forkopimda sehingga jalannya Haul bisa berjalan aman, lancar dan sehat. Itu semua perlu kerjasama untuk dibicarakan dan dirancang dengan tepat dan baik.

            Pengasuh Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah Gus Amak  menyampaikan Haul tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,  karena ada Pandemi Covid 19. Orang/jamaah yang datang ke Haul karena terimpact dengan KH. Abdul Hamid karena Haul ini tetap bisa menjawab kekeringan bathin dan kecintaan terhadap KH. Abdul Hamid. Perjuangan melawan Covid 19. Untuk area pondok putra kita batasi dan kita siapkan 1.000 kursi. Yang masuk gang pondok kita saring karena diluar gang tidak ada terop dan harus melaksanakan standar operasional prosedur protokol kesehatan ketat yakni 3 M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak). Untuk memecah kerumunan jamaah, panitia Haul sudah menyiapkan TV live (secara langsung). Ada 39 masjid di Kota Pasuruan yang mendaftar Haul secara virtual, di luar Pasuruan ada spot-spot serta diluar Kabupaten Pasuruan, panitia Haul sudah koordinasi dengan takmir masjid.