Aktual

UPACARA HARI SANTRI TAHUN 2020

Inspiring City Pasuruan. Upacara dalam rangka memperingati Hari Santri Tahun 2020, dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 22 Oktober 2020 bertempat di lapangan Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah Pasuruan. Bertindak sebagai inspektur upacara Ketua PCNU Kota Pasuruan H. M. Nailur Rochman, S.IP, M.Pd (Gus Amak). Dalam kesempatan ini hadir, Wakil Ketua DPRD Kota Pasuruan, Jajaran Forkopimda Kota Pasuruan, Asisten Administrasi Umum Dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Pasuruan, Kepala Perangkat Daerah Kota Pasuruan, Camat Se-Kota Pasuruan, Pengurus NU Kota Pasuruan beserta jajaran, Ketua Fatayat Kota Pasuruan beserta jajaran, Ketua MUI Kota Pasuruan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ketua BAZNAS Kota Pasuruan, para peserta upacara serta undangan lain. Adapun  tema upacara hari santri  Tahun  2020   yaitu “ Santri Sehat Indonesia Kuat “ 

            Amanat Inspektur Upacara Ketua PCNU Kota Pasuruan H. M. Nailur Rochman, S.IP, M.Pd (Gus Amak) menyampaikan Peringatan Hari Santri adalah untuk mengenang, meneladani dan melanjutkan peran ulama dan santri dalam membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta berkonstribusi dalam pembangunan bangsa. Hari Santri juga menjadi momentum untuk mengungkap sejarah-sejarah jasa para ulama dan santri yang selama ini belum pernah terungkap. Jika sejarah dapat diungkap, akan semakin banyak ulama-ulama yang sepatutnya mendapat gelar kehormatan sebagai Pahlawan Nasional. Santri dibiasakan menjadi pribadi yang santun, amanah, mandiri, tangguh, menghargai sesama, hormat pada guru, siap mengabdi serta menjaga NKRI. Santri adalah pribadi yang religius-nasionalis. Santri diberi amanah untuk menjaga ajaran islam yang ramah sekaligus menjaga Republik Indonesia yang penuh berkah ini. Inilah karakter yang sedang dibutuhkan oleh bangsa saat ini.

            Lebih lanjut dikatakan, Peringatan Hari Santri dapat menjadi momentum untuk menggugah kesadaran bahwa para ulama dan santri berperan penting dalam perjalanan perjuangan kemerdekaan bangsa. Para ulama dan santri memiliki jasa yang sangat besar, mereka memiliki saham yang tidak kalah besarnya dengan para pendiri bangsa yang lain. Salah besar jika yang dianggap berjasa besar hanya mereka yang telah menjabat dan berpangkat.

            Ketua PCNU Kota Pasuruan H. M. Nailur Rochman, S.IP, M.Pd (Gus Amak) berharap, Peringatan Hari Santri menjadi momentum agar para santri “bangkit kembali”. Di satu sisi, partisipasi para santri dalam membangun kemajuan bangsa harus mendapatkan ruang yang sama dengan kalangan lain, tidak boleh disisihkan atau diabaikan. Di sisi yang lain, santri harus berani untuk maju dan tampil mewarnai ruang-ruang publik, duduk di kursi parlemen, di pemerintahan, BUMN, kursi rektor, menjadi pengusaha besar, menguasai IT, ahli tata negara, menguasai sumber daya alam yang sangat melimpah ruah. Negara ini kaya, tapi entah kemana. Karenanya, santri harus berani tampil dan melawan ”kartel-kartel”  yang selama ini telah merusak wajah islam dan Indonesia. Kita rindu sosok Khaled bin Walid, sosok muda yang cerdas, bernas dan berani melakukan hal-hal besar untuk kemajuan Islam. Semoga para santri mendapat keberpihakan kebijakan yang proposional sehingga bisa terus berperan aktif dalam pembangunan bangsa.

Seusai upacara dilanjutkan dengan pemberian bantuan kepada para Supeltas (sukarelawan pengatur lalulintas). (pb)