Inspiring City Pasuruan. Tahapan vaksinasi untuk masyarakat di seluruh Jawa Timur tak lama lagi bakal segera dilaksanakan. Pemerintah Provinsi Jawa Timur meminta seluruh jajaran, baik Pemerintah, TNI, dan Polri mengawal proses vaksinasi ini.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansa dalam video conference (vidcon), Jumat (08/01/2021) siang pukul 14.30 WIB bersama seluruh kepala daerah di Jawa Timur.

Kota Pasuruan, mengikuti  video conference  di Ruang MCC Dinas Komunikasi, Informatika Dan Statistik Kota Pasuruan dihadiri oleh Plt. Asisten Pemerintahan Pemerintah Kota Pasuruan, Bapak Kokoh Arie Hidayat; Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Arman; Dandim 0819 Pasuruan Letkol Inf. Burhan Fajari Arfian; dan perwakilan RSUD Dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan.

Pada vidcon kali ini, Ibu Khofifah berharap proses vaksinasi nantinya bisa berjalan efektif. Untuk itu beliau meminta agar seluruh Bupati, Wali Kota, Dandim, Danrem, Polisi, hingga tingkat paling bawah, yakni Babinsa dan Babinkamtibmas untuk mengawal proses vaksinasi ini.

“Vaksinasi agar bisa berjalan efektif ini harus dikawal hulu hilir,” kata Ibu Khofifah.

Beliau melanjutkan, perlunya pengawalan yang ketat karena program ini merupakan program strategis yang bertujuan untuk penyembuhan diri, keluarga, serta diharapkan dapat meminimalisir terpapar dari Covid-19.

Seperti diketahui, tahapan vaksinasi gelombang pertama akan dimulai pada Januari hingga April 2021. Kemudian gelombang kedua akan dimulai pada April 2021 hingga Maret 2022.

Untuk gelombang pertama, sasaran vaksinasi diprioritaskan untuk tenaga kesehatan, petugas publik, dan lansia. Kemudian untuk gelombang kedua sasaran vaksinasi diprioritaskan untuk masyarakat yang rentan, masyarakat yang tinggal di resiko penularan tinggi, dan masyarakat lainnya. (fit)