Inspiring City Pasuruan, DPRD Kota Pasuruan menggelar rapat paripurna kedua dengan agenda penyampaian rekomendasi DPRD, penandatanganan keputusan DPRD, dan penandatanganan keputusan bersama terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Akhir Tahun Anggaran 2020. Rapat tersebut diselenggarakan pada hari Senin pagi tanggal 15 Februari 2021 bertempat di Gedung DPRD Kota Pasuruan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Rapat Paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Pasuruan  dihadiri oleh berbagai unsur pemangku kepentingan. Diantaranya, Wakil Ketua/Anggota DPRD Kota Pasuruan, Kapolres Pasuruan Kota, Dandim 0819 Pasuruan, Kepala Pengadilan Negeri Pasuruan, Kajari Kota Pasuruan, Komandan Yon Zipur 10 Kostrad, Kepala Perangkat Daerah serta undangan lain.

Kegiatan rapat paripurna tersebut merupakan bentuk dokumen akuntabilitas kinerja Pemerintahan yang disampaikan sebagai wujud komitmen Pemerintah Daerah terhadap prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas kepada publik. Substansi dari Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) bukan hanya memaparkan capaian realisasi program dibandingkan dengan target yang direncanakan, tapi juga mengindikasikan kapasitas Pemerintah Daerah dalam merealisasikan program-program tersebut dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang tersedia.

Anggota DPRD Kota Pasuruan Helmi, S.Psi membacakan rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Wali Kota Akhir Tahun Anggaran 2020 yang telah disampaikan oleh Wali Kota Pasuruan pada rapat Paripurna kesatu dulu. Beberapa fraksi memberikan kritik terhadap LKPJ Tahun Anggaran 2020. Ada juga fraksi yang memberikan apresiasi atas capaian yang telah dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan. Selain itu, juga ada beberapa fraksi memberikan saran dan masukan agar pelaksanaan kebijakan Pemerintah Kota Pasuruan lebih baik lagi untuk kepentingan masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Walikota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, ST menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada DPRD Kota Pasuruan yang selama ini  menjadi mitra Pemerintah Kota Pasuruan. Mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dimasa kepemimpinan kami, ada kekurangan. (ft)