Inspriring City Pasuruan. Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat Kota Pasuruan torehkan berbagai prestasi dan kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam berbagai kegiatan sosial dengan menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan 5M (Memakai Masker, Mencuci Tangan Dengan Sabun Dan Air Mengalir, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Membatasi Mobilisasi Dan Interaksi). Selain itu, dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Pasuruan Ke-335 Tahun 2021, Pemerintah Kota Pasuruan berusaha membangkitkan semangat masyarakat melalui Talkshow dalam acara Gak Cuma Cangkru’an yang diselenggarakan oleh salah satu stasiun televisi besar di Jawa Timur yaitu JTV.

Talkshow yang ditayangkan secara Live pada hari Senin malam tanggal 15 Februari 2020 dihadiri oleh Walikota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, Pj. Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Anom Surahno  beserta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan dengan mengangkat tema “Wujudkan Kota Pasuruan Sehat, Ramah, Bebas Dari Covid-19”.

“ Ada beberapa kegiatan dalam rangka memperingati HUT Kota Pasuruan Ke 335 Tahun 2021 yang dilaksanakan secara sangat sederhana, salah satunya pemberian bantuan sosial kepada masyarakat Kota Pasuruan, PDAM Kota Pasuruan memberikan diskon 50 % selama 3 bulan kepada masyarakat Kota Pasuruan. Selan itu, juga dilaksanakan Upacara Hari Jadi Kota Pasuruan “Ujar Teno.

Menurut Walikota Pasuruan, memang kami tidak melibatkan banyak orang karena diatur oleh protokol kesehatan, namun tidak mengurangi bahwa kami terus melakukan kegiatan bersifat sosial yang langsung pada masyarakat dengan harapan dapat mengurangi beban masyarakat di masa Pandemi ini.  

Lebih lanjut dikatakan, guna mengurangi kerumunan di masa Pandemi Covid-19, inovasi pelayanan untuk masyarakat sangatlah penting. Oleh sebab itu dalam upaya menghidupkan inovasi pada masing-masing OPD untuk terus melakukan pelayanan prima terhadap masyarakat, dan juga perlunya menumbuhkan rasa persaudaraan tanpa celah dalam bekerja antara atasan dan bawahan sehingga mampu mengurangi egosentralis setiap orang, sehingga mereka memiliki inovasi pada masing-masing OPD untuk membangun masyarakat Kota Pasuruan dan jangan pernah letih menjadi pelayan masyarakat termasuk para pelajar di Kota Pasuruan, salah satunya yaitu dengan diterbitkannya SPOT (Sistem Pembelajaran Online Terpadu) Suropati.

Di akhir segmen Talkshow, Teno berharap dengan adanya Pasaruang (Pasuruan) yang didalamnya ada Pelabuhan Tanjung Tembikar dan Tokoh Pahlawan Nasional bernama Untung Suropati, Kota Pasuruan lebih dikenal di berbagai daerah bahkan luar negeri.  “Dengan spirit HUT Kota Pasuruan Ke 335, mari bergotong royong, bekerja sama, saling menyayangi dengan menerapkan 5M dalam kehidupan sehari-hari. Mari bersama memerangi Pandemi Covid-19 agar perekonomian segera pulih dan ke depan Kota Pasuruan bisa lebih maju dan sejahtera”, Pungkas Teno. (wrk)