Pasuruan Kota Madinah. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro merupakan tema dialog interaktif Wali Kota Pasuruan dan Wakil Wali Kota Pasuruan dengan Ketua RW dan Ketua RT Se-Kelurahan Panggungrejo Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan. PPKM berbasis Mikro kunci keberhasilan memutus rantai penularan Covid 19 adalah kedisiplinan masyarakat. Dialog tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu Malam tanggal 27 Maret 2021 di Pendopo Kelurahan Panggungrejo. Hadir Anggota DPRD Kota Pasuruan, Plt. Camat Panggungrejo, Kepala Bagian Pemerintahan Kota Pasuruan, Lurah Panggungrejo, Perwakilan TNI/Polri, Bidan serta undangan lain.

“Dengan dialog ini, kita mendalami, memahami persoalan-persoalan yang ada di masyarakat Kelurahan Panggungrejo sehingga kita bisa mencari solusinya. Di era Pandemi ini tujuan kita untuk mengatasi Covid 19 agar masyarakat terlindungi sehingga ekonomi bergerak dan sekolah tatap muka bisa terlaksana di era New Normal. Oleh karena itu mari kita dekatkan hati, dekatkan pikiran dalam satu barisan untuk mensejahterakan masyarakat Kota Pasuruan“ Ujar Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Seusai menyampaikan kata pembuka dan arahan Gus Ipul, dialog interaktif dilanjutkan dengan penyampaian persoalan-persoalan yang ada di Kelurahan Panggungrejo oleh Lurah Panggungrejo Hermanto yang menginginkan adanya petugas penyapu jalan di wilayah Kelurahan Panggungrejo. Penerangan jalan lingkungan agar lebih terang benderang karena sangat penting dan perlu untuk mencegah kriminalitas. Minimnya pembinaan UMKM karena selama 2 tahun tidak ada pembinaan dari dinas terkait karena sebagian besar warga Kelurahan Panggungrejo memiliki usaha pengemasan krupuk ikan dan udang. Pintu air di tepi pantai diharapkan di ganti stainless steel karena kalau air laut pasang bisa menimbulkan banjir.

Diakhir dialog, Gus Ipul menjawab dan mencatat semua persoalan-persoalan yang ada di Kelurahan Panggungrejo dan meminta masyarakat agar bergotong royong menjelang bulan Ramadhan untuk membersihkan lingkungan dan mengecat pagar rumahnya masing-masing. (pb).