Pasuruan Kota Madinah. Sebagai upaya mewujudkan rumus pertama dari Pasuruan Kota Madinah (Maju Ekonominya, Indah Kotanya, dan Harmoni Warganya), yakni untuk memajukan ekonomi masyarakat Kota Pasuruan, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (diklat) bertajuk Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata pada hari Senin tanggal 21 Juni 2021. Bertempat di Hotel Atria Kota Malang, Pelatihan yang digelar selama 3 (tiga) hari ini dibuka secara virtual oleh Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Senagaimana disampaikan oleh Kepala Disparpora Kota Pasuruan Basuki, bahwa selain untuk membangkitkan perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19, pelatihan ini juga bertujuan untuk menstimulasi perkembangan pariwisata khususnya pada daerah yang menjadi fokus pengembangan sumber daya manusia pariwisata dengan disesuaikan pada keunggulan yang dimiliki. Terdapat 40 warga yang terdiri dari karang taruna, kelompok masyarakat sadar wisata, hingga pokja PKK di Kelurahan Sekargadung. Lebih lanjut disampaikan pelatihan ini nantinya akan difokuskan pada tata kelola manajemen dan pembinaan SDM sebagai persiapan daya tarik wisata baru, yakni petik buah jambu kristal dan belimbing madu.

Dalam sambutan pembukanya, Gus Ipul mengapresiasi adanya pelatihan ini karena selain meningkatkan kualitas SDM, juga akan meningkatkan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Pasuruan dengan berbagai destinasi wisata yang dimiliki. Dengan demikian selain meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), adanya wisata baru ini nantinya juga mampu mewujudkan visi maju ekonominya karena ada perputaran ekonomi masyarakat. Sebelum berakhir, Gus Ipul juga mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi memerangi Covid-19 dengan komitmen protokol kesehatan dan turut mensosialisasikan pada masyarakat yang lain.