Aktual

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Ke 25 Tahun 2021. Gus Ipul Minta Doa Restu Kepada Para Lansia Untuk Mensukseskan Pasuruan Kota Madinah (Maju Ekonominya, Indah Kotanya, Harmoni Warganya)

Pasuruan Kota Madinah. Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke 25 Tahun 2021, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Sosial Kota Pasuruan pada hari Selasa tanggal 22 Juli 2021 menyelenggarakan kegiatan pembinaan kepada kelompok Karang Werda, lomba administrasi dan kegiatan kelompok Karang Werda, penyegaran rohani bagi lanjut usia, pertemuan penguatan keluarga lansia, bantuan sosial bagi lanjut usia terlantar, bantuan modal usaha bagi lanjut usia potensial sebagaimana persyaratan bansos dan vaksinasi bagi lanjut usia di Gedung Gradika Bhakti Praja Kota Pasuruan. Kegiatan tersebut  tetap memperhatikan dan melaksanakan protokol kesehatan. Hadir dalam kesempatan ini Wali Kota Pasuruan, Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan beserta jajaran, Ketua Dharma Wanita Kota Pasuruan, Kepala Dinas Sosial Kota Pasuruan,  Kepala OPD Terkait, para peserta dan undangan lain. Perlu diketahui Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) merupakan salah satu hari penting di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 29 Mei sebagai wujud kepedulian dan penghargaan terhadap orang lanjut usia.  

            Menurut  Kepala  Dinas Sosial Kota Pasuruan Hery Dwi Sujatmiko mengatakan sesuai harapan Pemerintah bahwa dengan semakin baiknya gizi masyarakat maka usia harapan hidup semakin tinggi. Guna memberi ruang untuk meningkatkan kegiatan sosial para lanjut usia perlu diciptakan wadah untuk menampung kegiatan lansia, salah satu wadah  tersebut adalah Karang Werda yang ada di Kelurahan. Dengan demikian diharapkan Karang Werda yang sudah ada akan semakin maju dan berkembang sesuai potensi yang ada di Kota Pasuruan. peserta HLUN yakni perwakilan Karang Werda  dari 34 Kelurahan di Kota Pasuruan, perwakilan dari paguyuban Karang Werda Suropati Kota Pasuruan, perwakilan dari Gerontologi Abiyasa Kota Pasuruan, perwakilan dari PWRI (Persatuan Wredatama Republik Indonesia di Kota Pasuruan), perwakilan dari LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia di Kota Pasuruan), perwakilan dari DHC 45 (Dewan Harian Cabang 45 di Kota Pasuruan) serta perwakilan dari Penggerak PKK Kota Pasuruan. 

            Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dalam kesempatan ini, minta doa restu kepada para lansia untuk mensukseskan Pasuruan Kota Madinah (maju ekonominya, indah kotanya, harmoni warganya) serta mengajak lansia untuk kerja  bhakti dan sehingga bisa diikuti  yang muda-muda untuk bersih-bersih lingkungan. “Selain itu mohon dukungannya karena saya akan membuat inovasi layanan untuk lansia, selain itu juga saya dan Dokter Serli punya PR tentang vaksinasi lansia yang semula 50 persen kedepan naik ke 80 persen yaitu program vaksin untuk lansia, terakhir saya dan mas Adi memasuki tahap tiga bulan ke II, oleh karena itu saya meminta lansia untuk jadi motor di masyarakat dan memelopori untuk kegiatan Pasuruan bersih. Sehat untuk kita semua, sukses untuk kita semua. Terima untuk semuanya.” Pungkas Gus Ipul.

Seusai sambutan dilanjutkan dengan senam caring dilanjutkan dengan vaksinasi untuk lansia.