Pasuruan-kota madinah. Rapat koordinasi (Rakor) yang dipimpin Menteri Maritim dan Investasi Luhut binsar pandjaitan selaku koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali di hadiri oleh Menteri Perhubungan, Menteri Dalam Negeri, Panglima TNI, Kapolri, Wamen Kesehatan, Jaksa Agung,  Gubernur Sejawa Bali, Wali kota dan Bupati Sejawa Bali, Kapolda Sejawa Bali dan Pangdam Sejawa Bali yang di gelar melalui aplikasi zoom, minggu (11/7/2021).

Luhut memerintahkan ke sejumlah daerah untuk memaksimalkan PPKM Darurat di karenakan sampai saat ini masih tingginya penularan covid-19 karena masih banyak beberapa wilayah jawa bali yang masih zona merah dan hitam termasuk Jawa Timur masih ada beberapa daerah yang masuk zona hitam. koordinator PPKM juga memerintahkan agar penyekatan di masa PPKM Darurat di lakukan dengan tegas untuk menekan tingkat mobilitas masyarakat sebagai upaya menekan penularan covid-19 di tengah masyarakat. Apabila mobilitas masyarakat bisa di tekan maka akan ada penurunan jumlah penularan covid-19.

Pemerintah pusat juga akan melakukan pembagian obat untuk masyarakat yang OTG dan bergejala ringan yang tidak mampu, pembagian ini akan dilakukan oleh TNI, data penerima obat ini di koordinasikan dengan Kemenkes dan TNI dengan Dinkes pada masing masing kota. Di harapkan ada pemberian vaksin ditempat, pemberian sembako dan obat  pada masa PPKM Darurat ini.

Lebih lanjut disampaikan beberapa point sejak PPKM Darurat dilakukan telah terjadi penurunan mobilitas di jawa bali, indek google traffic menunjukkan penurunan yang tajam karena keberhasilan penyekatan, masih tingginya pergerakkan orang di wilayah kecil kemudian perlu di tingkatkan patroli di wilayah perkampungan dan perumahan untuk memastikan kepatuhan PPKM Darurat dan protokol kesehatan, intensitas cahaya di malam hari yang mencerminkan masih tingginya aktifitas masyarakat, industri dan lalu lintas di malam hari langkah2 yang perlu dilakukan patroli di wilayah yang lebih kecil untuk membubarkan masyarakat yang masih berkerumun, inspeksi industri essensial yang menerapkan shift, dan pembatasan mobilitas kendaraan antar kota. Untuk itu perlu dilakukan penyekatan terhadap mobilitas masyarakat serta melakukan patroli ke wilayah pemukiman untuk memastikan kepatuhan prokes.

Luhut juga menyampaikan diharapkan ada vaksinasi mobile untuk wilayah pinggiran, karena apabila dilakukan vaksinasi akan ada penurunan covid-19.

Kapolda jatim melaporkan tiga hal PPKM Darurat, Vaksinasi, dan pembagian sembako. PPKM Darurat di fokuskan daerah mojokerto dan tapal kuda. Pangdam Jaya Jatim melaporkan walapun daerah jatim ada perbaikan tapi belum ada yang zona kuning untuk wilayah Jatim yang harus diperhatikan disini adalah pergerakkan orang di RT dan RW masa PPKM Darurat, membubarkan kerumunan dikampung2, terkait vaksinasi untuk wilayah jatim tercapai sesuai target, daerah pinggiran selain ada gerai vaksin juga ada vaksinasi mobile dengan target wilayah perkampungan kemudian juga akan memberikan bantuan sembako secara swadaya selain dari bantuan pusat yang diberikan kepada masyarakat ISOMAN. (rmd)