Aktual

Tekan Inflasi, Presiden Minta Pemerintah Daerah Dorong UMKM, Petani, Dan NelayanJadi Tumpuan Pertumbuhan Ekonomi

Pasuruan Kota Madinah. Dalam memulihkan ekonomi di masa pandemi Covid-19, pengendalian inflasi menjadi salah satu perhatian serius Pemerintah Pusat. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi (PI) Tahun 2021 menegaskan kepada Tim Pengendalian Inflasi Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan pokok. “Jaga terus ketersediaan stok dan stabilitas harga. Utamanya barang kebutuhan pokok. Dalam kondisi daya beli masyarakat yang menurun, stabilitas harga bahan pangan sangat penting bagi masyarakat, ” ujar Jokowi pada rakor virtualnya yang dihadiri oleh Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) beserta jajaran TPID Kota Pasuruan dan Perangkat Daerah lainnya terkait di Media Command Centre (MCC) Kota Pasuruan.

Digelar tanggal 25 Agustus 2021, dalam rakoe tersebut Jokowi mendorong agar Pemerintah Daerah juga tidak hanya menekan inflasi dengan meningkatkan daya beli masyarakat tetapi juga Pemerintah Daerah perlu mengoptimalkan pemanfaatan e-commerce untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masa pandemi. Karena menurut Jokowi, dengan pemanfaatan e-commerce, ruang pemasaran bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah/UMKM, petani dan nelayan akan naik kelas karena lebih dikenal masyarakat luas. “Saat ini, waktu yang tepat untuk menggunakan semua platform e-Commerce yang ada, baik global, nasional maupun yang ada di daerah, ” pungkas jokowi.

Sebelum mengakhiri arahannya, Jokowi menitipkan tiga pesan untuk dilaksanakan, pertama untuk menjaga stok dan stabilitas harga, utamanya bahan pokok. Kedua, Pemerintah Daerah diminta tak hanya fokus melakukan pengendalian inflasi, tapi juga proaktif sehingga sektor ekonomi tumbuh produktif. Ketiga memperkuat produk UMKM, sektor pangan, dan hasil nelayan sehingga mampu menjadi tumpuhan masyarakat di masa pandemi. Sesaat setelah rakornas berakhir, Gus Ipul bersama Tim TPID langsung melakukan rapat internal sebagai tindak lanjut arahan Jokowi. Tujuannya agar inflasi di Kota Pasuruan dapat ditekan dan ekonomi masyarakat kembali bangkit melalui pemaksimalan hasil petani, nelayan, dan produk UMKM. (wdy)