Aktual

Sejumlah Wilayah Berangsur Normal, Pemerintah Maksimalkan Aplikasi Peduli Lindungi

Pasuruan Kota Madinah. Upaya Pemerintah dalam menangani Kasus lonjakan Covid-19 merupakan perhatian khusus, saat ini lonjakan kasus mengalami tren penurunan di sejumlah daerah khususnya sejawa bali. Pada pelaksanaan PPKM ada penurunan lonjakan Covid-19, ini dilihat semakin menurunnya penularan covid-19 di sejumlah wilayah dan mulai berangsur normal kehidupan masyarakat dengan uji coba buka nya beberapa tempat wisata, beberapa sekolah sudah menerapkan tatap muka dan tempat perbelanjaan seperti mall yang sudah mulai buka dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam kesempatan Sandiago Uno menyampaikan ada beberapa uji coba pembukaan tempat wisata yang pertama berada di kabupaten/kota PPKM level 3, kedua pengunjung wisata berusia diatas 12 tahun, ketiga wahana air tidak diizinkan buka karena cenderung membuka masker, keempat menentukan titik krisis pelanggaran protokol kesehatan, kelima menggunakan aplikasi peduli lindungi sebagai syarat masuk tempat wisata dan keenam memiliki mekanisme pengawasan, evaluasi dan pelaporan dalam pelaksanaan operasional tempat wisata.

“ uji coba pembukaan 20 tempat wisata di jawa  dengan menerapkan aplikasi peduli lindungi dan pembatasan jumlah pengunjung untuk mengantisipasi titik kritis penularan” imbuh Sandiago Uno

Muhammad lutfi juga menyampaikan kendala yang ditemukan pada saat pusat perbelanjaan di buka yang pertama permasalahan aplikasi peduli lindungi, kedua masih banyak pengunjung yang masuk tanpa menggunakan aplikasi peduli lindungi, ketiga masih terdapat kebingungan dalam penerapan skrining vaksin, keempat terjadi euforia pengunjung khususnya di resto / cafe yang mengabaikan protokol kesehatan, kelima masih banyaknya pengunjung yang berkunjung ke tempat yang tidak ada batasan usia dan keenam masih ditemukan beberapa pusat perbelanjaan yang bukan anggota assosiasi yang mengaku kesulitan QR Code peduli lindungi.

Dalam kesempatan Gubernur Jawa Timur, Khofifah menyampaikan tempat wisata di jawa timur mulai buka kecuali wisata yang berbasiskan air dan indoor masih tutup. Pusat perbelanjaan seperti mall juga buka dan belum ada yang mengkonfirmasi positif. Isoter di Jawa Timur masih banyak tetapi penghuninya rendah sekali. Saat ini juga di jawa timur beberapa sekolah mulai dilakukan uji coba pembelajaran secara tatap muka.

Rapat Koordinasi diikuti oleh Wali Kota Pasuruan, Syaifullah yusuf (Gus Ipul), di dampingi Wakil Wali Kota (Mas Adi), Seketaris Daerah, Perwakilan dari Polresta dan Kodim 0819, Kepala OPD terkait dan Camat di MCC pada Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Pasuruan, Selasa (14/9/2021). (rmd)