Cerita KotaPublikasi

Istimewa, Kebun Panen Sayur Sekargadung Dikunjungi Wisatawan.

Merasa jenuh hidup di perkotaan, Puluhan warga Tropodo yang tergabung dalam PKK Griyo Mapan Utara RT 47 RW V Tropodo Sidoarjo, mengunjungi Wisata Desa di Kelurahan Sekargadung, Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan, Minggu (21/11/2021)

Bersama rombongan yang menggunakan bus, para wisatawan ini sengaja memilih Kelurahan Sekargadung untuk membuktikan kebenaran tentang panen sayur organik yang dibagi bagi gratis ke warganya.

Setelah ke lokasi penanaman sayur, para wisatawan ini semakin tercengang saat melihat buah Gambas Sekargadung dengan panjang rata rata 1 meter bergelantungan. Dibawahnya ada berbagai sayuran bayam, sawi, terong dan lombok hitam Sekargadung.
Mereka lebih heran dan merasa senang setelah Ketua RW 1 Sekargadung, Nizar mempersilakan para tamunya untuk memetik sayuran secara gratis.

” Kok ada ya obyek wisata seperti ini, benar benar alami, mereka ramah, dan kami dibekali ilmu plus bibit sayurannya secara gratis. Jadi malu saya,” ujar By Hasto, warga Tropodo.

Para wisatawan ini datang di Sekargadung disambut Sekcam Purworejo Dicky Yudo Asmoro. Dalam sambutannya Dicky mempersilakan para wisatawan ngangsu kaweruh di Sekargadung. Karena semua sayuran di Sekargadung murni budidaya warga.

Selain bisa memetik sayuran gratis,wisatawan juga mendapat edukasi soal budidaya sayuran di lahan sempit, bahkan mereka juga mendapat bibit gratis.
Setelah puas menikmati wisata petik sayur, kemudian mereka mendatangi kebun bibit buah buahan luar negeri di Krampyangan.

” Kami akan kembali kesini, luar biasa sekali masih pendek sudah berbuah,” kata salah seorang wisatawan yang asyik memotret tanaman alpokat Buto yang sedang berbuah di pot.

Kunjungan wisatawan ini diakhiri dengan petik buah buahan di Sekarasri.

” Pelayanan wisata desa ini benar benar kami lakukan secara total, jadi wisatawan merasa puas dan akan kembali ke obyek wisata di Sekargadung, ” ujar Maharani, tokoh warga Sekargadung yang mendampingi para wisatawan. (Aga)