AktualPublikasi

Jalin MoU Dengan PT Pelindo Regional 3, Wisata Bahari di Kota Pasuruan Segera Terwujud

Pasuruan Kota Madinah. Pemkot Pasuruan menandatangani MoU dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 3 tentang pengembangan kawasan Pelabuhan Kota Pasuruan. Tak lama lagi, wisata bahari di Kota Pasuruan bakal segera terwujud.

Penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan di Hotel Horison, Kota Pasuruan pada Senin (29/11/2021) sore.

Revitalisasi kawasan pelabuhan sejak awal memang sudah masuk salah satu prioritas pembangunan Kota Pasuruan sebagai perwujudtan visi misi Kota Madinah yakni maju ekonominya, indah kotanya, dan harmoni warganya.

Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo, S.TP, M.Si (Mas Adi) mengatakan, kerja sama dengan Pelindo Regional 3 dalam pengembangan kawasan pelabuhan merupakan salah satu cara mempercepat pembangunan Kota Pasuruan.

Kedua pihak, Pemkot Pasuruan dan Pelindo Regional 3, sepakat bekerja sama dalam tiga ruang lingkup. Pertama, pelaksanaan koordinasi dengan kerja sama dalam optimalisasi potensi pendapatan daerah di kawasan Kota Pasuruan.

Kedua, pelaksanaan kerja sama dalam kegiatan pengembangan infrastruktur di Kota Pasuruan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ketiga, pemanfaatan ruang dan penyelenggaraan bangunan di Kota Pasuruan.

“Dengan adanya kesepakatan bersama ini diharapkan dapat mendukung pengembangan wisata di Kota Pasuruan yang terintegrasi,” kata Mas Adi.

Mas Adi juga meminta kepada para kepala OPD terkait, ke depan, agar lebih banyak menyumbangkan gagasan-gagasan inovatif untuk mendukung peningkatan pembangunan di Kota Pasuruan.

Sementara itu pihak PT Pelindo Regional 3 menyebut, saat ini Pelindo Regional 3 mengemban tugas untuk mengoptimalkan aset-aset yang dimilikinya.

Di Pelabuhan Kota Pasuruan, Pelindo Regional 3 memiliki dua dermaga dan sejumlah gudang serta beberapa lahan. Ia berharap nanti Pemkot Pasuruan bisa memanfaatkan dengan baik.

“Kami ditugasi mengoptimalkan aset-aset kami. Proposal yang ditawarkan Pemkot Pasuruan sejalan dengan tugas kami,” katanya. (fit)