AktualPublikasi

Tekan Stunting, Fatma Kampanye Yuk Makan Ikan

Pasuruan Kota Madinah. Ketua TP PKK Kota Pasuruan yang sekaligus merupakan Ketua Forikan Kota Pasuruan Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf mengajak masyarakat Kota Pasuruan untuk Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Hal ini disampaikan Fatma seusai memanen dan menebar benih ikan nila di lahan Dinas Perikanan Kota Pasuruan, Kamis (13/10/2022) sore.

Fatma mengatakan, hal ini merupakan salah satu program kerja Pokja III TP PKK Kota Pasuruan, dalam upaya menekan angka stunting dengan meningkatkan gizi pangan keluarga.

“Sore ini saya selaku Ketua Forikan Kota Pasuruan bersama para pengurus, hadir disini untuk bersama-sama menebar benih ikan khususnya ikan nila, dan saya berharap kegiatan seperti ini juga terus dilakukan di kolam-kolam yang ada di kelurahan atau di tambak-tambak masyarakat yang ada di Kota Pasuruan. Sehingga, hasil panennya dapat dikonsumsi oleh masyarakat dalam upaya meningkatkan gerakan makan ikan,” ujar Fatma

Dalam kesempatan itu, Fatma mengatakan bahwa hasil panen di kolam yang ada di area Dinas Perikanan nantinya akan difestivalkan atau dijual murah kepada masyarakat Kota Pasuruan.

Ia juga menjelaskan, jika di setiap kelurahan terdapat kolam ikan, maka diharapkan dapat menambah gizi anak-anak di sekitarnya sehingga angka stunting dapat ditekan.

“Tujuan kami, dalam menebar benih ini adalah membantu Pemerintah Kota Pasuruan untuk menekan angka stunting. Mengingat, angka stunting di Kota Pasuruan masih cukup tinggi, maka diharapkan anak-anak lebih banyak mengkonsumsi ikan agar gizinya terpenuhi,” imbuh isteri Gus Ipul ini

“Mudah-mudahan ikan-ikan ini bisa segera dipanen dan kita bisa makan bareng sekaligus memberi motivasi kepada masyarakat khususnya anak-anak untuk “Gemar Makan Ikan”, Ajak Fatma

Seusai penebaran benih, Fatma bersama Kepala Dinas Perikanan, Wakil Ketua I TP PKK Kota Pasuruan, Suryani Firdaus Adi Wibowo dan Wakil Ketua II TP PKK Kota Pasuruan, Yanti Rudiyanto beserta para pengurus berkesempatan untuk membakar dan mencicipi hasil panen ikan nila, lalu dilanjutkan meninjau Pasar Ikan yang berada di area Pasar Besar Kota Pasuruan.

Disini Fatma melihat proses jual beli dan berdialog langsung dengan para penjual ikan, mulai harga ikan per kilogramnya, darimana para menjual mendapatkan ikannya dan bagaimana proses distribusinya. Tak lupa Fatma dan para pengurus membeli udang, ikan mujair, kerang, dan sebagainya. (fit)