AktualPublikasi

Fatma Ajak Masyarakat Konsumsi Ikan Untuk Dukung Pertumbuhan Anak

asuruan Kota Madinah. Bertepatan dengan peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) yang Ke-9 Tahun 2022, Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf selaku Ketua Forikan Kota Pasuruan mengajak masyarakat Kota Pasuruan agar turut serta meningkatkan konsumsi ikan guna dukung pertumbuhan anak.

“Kami mengajak masyarakat Kota Pasuruan agar turut serta meningkatkan konsumsi ikan karena ikan tidak hanya lezat, namun ikan juga kaya akan manfaat dan nutrisi. Terutama bagi pertumbuhan anak-anak,” ucap Fatma saat membuka sosialisasi GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) dalam rangka Harkannas Kota Pasuruan.

Ikan adalah salah satu jenis makanan yang paling sehat karena kaya akan nutrisi, khususnya omega 3 dan omega 6 yang memiliki peran penting dalam pembentukan serta perkembangan sel otak.

“Perlu diketahui bahwa pertumbuhan sel otak manusia sangat tergantung pada kadar omega 3 yang cukup sejak bayi dalam kandungan sampai balita. Oleh karena itu, sejak bayi dalam kandungan, si ibu hamil perlu mengkonsumsi ikan dalam jumlah cukup sampai bayi yang dikandungnya dilahirkan,” kata bu Fatma

Masyarakat yang gemar mengkonsumsi ikan akan memiliki umur harapan hidup rata-rata lebih panjang daripada masyarakat yang kurang mengkonsumsi ikan.

Terkait pentingnya mengkonsumsi ikan, Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) khususnya di Kota Pasuruan perlu didukung dan disukseskan. Asupan makanan yang sehat dan bergizi sangat bermanfaat untuk pertumbuhan fisik dan membentuk kecerdasan anak sesuai dengan Harkannas Ke-9 Tahun 2022 yang mengusung tema ”Ikan Menyehatkan dan Mencerdaskan untuk Generasi Unggul”.

“Pengetahuan akan nutrisi yang sehat dan berimbang sangatlah diperlukan terutama di sekolah-sekolah, dan guru sebagai media belajar bagi anak-anak harus bisa memberikan sosialisasi kepada siswa-siswi akan pentingnya mengkonsumsi ikan,” jelasnya

Dalam momen Harkannas ini, Fatma selaku ketua forikan Kota Pasuruan menghimbau kepada sekolah-sekolah untuk dapat memasukkan pembelajaran akan pentingnya mengkonsumsi ikan sejak dini ke dalam kurikulum sekolah.

“Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan gerakan makan ikan di sekolah, misalnya 1 minggu sekali atau setiap hari jumat mewajibkan anak-anak membawa bekal ikan di sekolah dan makan bersama-sama sambil bersenang-senang,” ucap Fatma yang disambut gembira oleh para kepala sekolah SD dan SMP swasta yang turut hadir di acara tersebut.

Pada kesempatan ini pula, Fatma memasak olahan ikan yang di bumbu bakar bersama koki Kang Warto. Hadir mendampingi Wakil Ketua 1 TP PKK Ani Adi Wibowo. Acara juga di isi dengan penyerahan secara simbolis kartu E-Pass kepaya para nelayan dan materi sosialisasi manfaat ikan untuk kecerdasan otak oleh DR. Adryanto SH, Mkes serta tarian dan senam Gemarikan.