AktualPublikasi

Pekan Panutan Pajak, Mas Adi Katakan ASN Harus Jadi Teladan Taat Bayar Pajak

Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Pasuruan untuk menjadi tauladan dalam membayar pajak.

“Melalui kegiatan pekan panutan pajak ini, kita yang berada di lingkup pemerintahan, khususnya ASN harus mampu menjadi contoh dan tauladan bagi masyarakat untuk patuh dan taat dalam membayar pajak,” sebut Mas Adi

Hal itu disampaikan oleh Mas Adi dalam sambutannya pada kegiatan Pekan Panutan Pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Tahun 2023 di Aula Valencia Kota Pasuruan, Senin, (06/03/2023).

Dikatakan Mas Adi, pekan panutan pajak ini sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran kewajiban warga negara untuk memenuhi membayar pajak. 

“Kita perlu untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya sektor pajak bumi dan bangunan bagi pembangunan dan layanan publik. Upaya intensifikasi harus dilakukan salah satunya melalui kegiatan ini. Sebagai upaya untuk mendorong dan merangsang kesadaran masyarakat dalam membayar pajak dan bagaimana intensifikasi bisa kita lakukan dengan baik,” kata Mas Adi. 

Lebih lanjut, kata Mas Adi, pajak menjadi salah satu faktor pendukung pembangunan terbesar di Indonesia. Oleh sebab itu, pengetahuan akan pentingnya membayar pajak sangat dibutuhkan. 

“Sektor perpajakan menjadi sumber utama dalam pembangunan negeri ini. Baik dari lingkup pemerintah Kota Pasuruan, tokoh masyarakat, dan semua kalangan harus memberikan literasi tentang pentingnya kesadaran untuk membayar pajak kepada masyarakat luas,” ucapnya

Untuk itu, Mas Adi meminta kepada seluruh masyarakat untuk melaksanakan kewajiban membayar pajak sesegera mungkin, apalagi saat ini sudah banyak inovasi yang memberikan kemudahan dalam pembayaran pajak secara online. 

“Dengan kemudahan dan inovasi yang kita berikan dalam pembayaran pajak, tidak ada alasan untuk tidak membayar pajak. Saat ini, pembayaran pajak bisa melalui SMS banking maupun QRIS. Jangan menunggu membayar pajak di akhir waktu,” tutur Mas Adi

Mas Adi menyampaikan, sinergi dan kolaborasi menjadi kunci utama dalam mendorong kemajuan layanan publik dengan membangun kesadaran dalam membayar pajak.

“Kuncinya, kita bersama-sama bersinergi dan bekerja sama membangun kesadaran masyarakat. Dengan harapan layanan publik dan pembangunan di wilayah Kota Pasuruan ini bisa berjalan dengan baik,” jelasnya

Pada kegiatan pekan patuh pajak ini juga dilakukan pemberian apresiasi kepada camat dan lurah atas capaian penerimaan PBB-P2 tahun 2023, penyerahan daftar himpunan ketetapan pajak PBB-P2 Tahun 2023 kepada camat di lingkungan pemerintah Kota Pasuruan, dan dilakukan pembayaran PBB-P2 bersama Wakil Walikota Pasuruan serta tamu undangan.

Hadir bersama Wakil Wali kota Pasuruan dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Ketua DPRD, unsur Perangkat Daerah, Pejabat Pembuat Akta Tanah, Camat dan Lurah, Wajib Pajak Terpilih, serta Instansi terkait.