Pangan adalah salah satu kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi oleh Pemerintah dan masyarakat. Ketersediaan pangan kita yang cukup, belum tentu dapat menjamin terhindarnya penduduk dari masalah pangan dan gizi. Selain ketersediannya, perlu diperhatikan pula aspek pola konsumsi rumah tangga atau keseimbangan kontribusi jenis pangan yang dikonsumsi, sehingga dapat memenuhi standar gizi yang dianjurkan. Di samping itu masih kita jumpai kekurangan dalam pengembangan usaha kecil bidang pangan, seperti kurangnya permintaan terhadap aneka olahan pangan lokal dari masyarakat, rendahnya ketersediaan aneka olahan makanan yang berbahan pangan lokal serta potensi besar pangan lokal sumber karbohidrat non beras yang ada di sekeliling kita masih belum menarik minat masyarakat sebagai pengganti bahan makanan non beras non terigu.

Berangkat dari beberapa uraian tersebut, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, maka pada hari Rabu tanggal 23 Agustus 2017, bertempat di gedung Gradhika Bhakti Praja Kota Pasuruan, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan menyelenggarakan Lomba Cipta Menu tingkat daerah. Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Walikota Pasuruan. Hadir dalam acara tersebut Wakil Walikota, Anggota FORKOMPIMDA, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Asisten Administrasi Umum, Staf Ahli Bidang SDM dan Kemasyarakatan, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan beserta jajarannya, Camat/ Lurah se-Kota Pasuruan, Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Pasuruan, Tim Dewan Juri, peserta lomba cipta menu serta undangan lain. Lomba ini diikuti oleh Tim Penggerak PKK Kelurahan se-Wilayah Kota Pasuruan, setiap Kelurahan mengirimkan 2 (dua) orang sehingga total peserta lomba sebanyak 68 orang.
Walikota Pasuruan Bapak Drs. H. Setiyono, M.Si dalam sambutannya menyampaikan tujuan digelarnya lomba cipta menu yaitu untuk menggali potensi pangan sumber karbohidrat non beras yang berasal dari setiap Kelurahan di wilayah Kota Pasuruan, mengembangkan kreatifitas ide-ide baru yang orisinil dari resep menu sehari-hari dengan harapan sesuai selera makan masyarakat, memberi nilai tambah dan pendapatan bagi masyarakat yang melaksanakan usaha pengolahan pangan serta memasyarakatkan dan mengangkat citra martabat makanan lokal dan pola konsumsi pangan penduduk yang beragam,