Warga Kota Pasuruan patut berbangga dan berbahagia karena pada hari Selasa tanggal 3 April 2018 bertempat di Kelurahan Tembokrejo Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan dikunjungi oleh 5 (lima) orang tim penilai lapangan dari pusat yaitu dalam rangka lomba pelaksana terbaik tingkat nasional kesatuan gerak PKK-KB Kesehatan tahun 2018. Dalam kesempatan ini hadir Walikota Pasuruan, Jajaran Forkopimda Kota Pasuruan beserta Ibu, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan beserta Ibu, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Ketua dan Wakil Ketua I dan II Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan, Camat, Lurah, TP PKK Kecamatan dan Kelurahan, Ketua Tim Penilai lomba pelaksana terbaik tingkat nasional kesatuan gerak PKK-KB Kesehatan beserta rombongan, Kepala BKKBN Propinsi Jawa Timur beserta rombongan, Perwakilan TP PKK Propinsi Jawa Timur, petugas penyuluh lapangan KB, tokoh masyarakat, Kader serta undangan lain.

“ Atas nama Pemerintah Kota Pasuruan mengucapkan selamat datang kepada tim penilai, semoga rangkaian kegiatan ini berjalan lancar serta ucapan terima kasih juga kepada Propinsi Jawa Timur karena telah mempercayakan Kota Pasuruan mewakili lomba Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan tahun 2018 di tingkat Nasional. Diharapkan dengan adanya lomba ini untuk dinilai selektif mungkin, jika ada kekurangan akan dibenahi oleh TP PKK Kota Pasuruan. Peran PKK selama ini cukup besar dalam membantu Pemerintah Kota Pasuruan untuk membangun di segala bidang. Oleh karena itu, seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan untuk mendukung dan sejalan dengan PKK terkait percepatan masalah kesehatan, kemiskinan dan pengangguran. Terima kasih kepada semua pihak/elemen yang telah membantu/berkontibusi dalam kegiatan ini mulai awal sampai akhir. “ Demikian sambutan selamat datang yang disampaikan Walikota Pasuruan Bapak Drs. H. Setiyono, M.Si.

Dalam kesempatan ini Kepala Inspektur Wilayah III BKKBN Pusat Bapak Ir. Mustar MM mengucapkan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dan selamat kepada Kelurahan Tembokrejo karena masuk nominasi terbaik lomba Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan tahun 2018 Tingkat Nasional. Program ini sangat erat dengan program 10 pokok PKK serta program ini menjadi tujuan pembangunan nasional yang sejalan dengan nawacita Presiden Republik Indonesia untuk kualitas hidup dengan membangun di pinggiran. Kegiatan lomba ini tidak semata-mata sebuah perlombaan akan tetapi menjadi gambaran sebuah pemerintahan dengan masyarakatnya. Dengan lomba ini diharapkan muncul/timbul sebuah inovasi-inovasi dari masyarakat sehingga bisa dikembangkan di Tingkat Nasional sehingga kedepan akan banyak kunjungan-kunjungan dari daerah lain.

Lebih lanjut dikatakan, apresiasi kepada Pemerintah Kota Pasuruan yang telah membina masyarakat secara terus-menerus sehingga muncul keluarga harmonis untuk menciptakan generasi-generasi yang lebih baik. Perlu juga dikembangkan program keluarga dan 10 pokok program PKK untuk menciptakan keluarga yang lebih sehat dan lebih sejahtera.

Seusai sambutan diteruskan dengan paparan mengenai program-program kegiatan PKK Kelurahan Tembokrejo Kota Pasuruan yang akhirnya dapat meraih nominasi terbaik kesatuan gerak PKK-KB Kesehatan tingkat nasional tahun 2018 yang disampaikan oleh Ketua TP PKK Kelurahan Tembokrejo Kota Pasuruan. Dilanjutkan penyerahan secara simbolis Akte kelahiran bagi penduduk Kota Pasuruan melalui inovasi GERTAK (Gerakan Tuntas Akte Kelahiran).

Disamping ada kegiatan penyambutan kepada tim penilai lapangan, juga ada kegiatan peninjauan ke Ruang Terbuka Hijau atau Taman Sekargadung, Ke RW V dan RW VII Kelurahan Tembokrejo, Ke Kampung Cowek (Kampung KB) dan terakhir ke rumah sehat jalan Trunojoyo Tembokrejo.