Pemerintah Kota Pasuruan melalui Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan pada hari Rabu tanggal 19 September 2018 menyelenggarakan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah di Gedung Gradhika Bhakti Praja Kota Pasuruan. Kegiatan tersebut rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Dalam kesempatan ini hadir Walikota Pasuruan beserta Ibu, Wakil Walikota beserta Ibu, jajaran FORKOMPIMDA beserta Ibu, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Kepala OPD beserta Ibu,Camat, Lurah Se-Kota,  karyawan- karyawati OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, para Habaib, Alim Ulama, Kyai, Habib Hadi Al Idrus serta undangan lain.

Dalam kesempatan ini Walikota Pasuruan Bapak Drs. H. Setiyono, M.Si menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat karena sampai saat ini situasi dan kondisi Kota Pasuruan aman dan kondusif. Karena dengan situasi dan kondisi tersebut merupakan modal utama sehingga seluruh kegiatan pembangunan Kota Pasuruan berjalan lancar. Dengan memperingati tahun baru islam, mari bersama-sama  harus berani introspeksi diri. Amalan dan perbuatan yang baik harus kita tingkatkan, dan yang jelek harus kita tinggalkan.

Walikota Pasuruan  mengajak kepada kita semua yang hadir dalam kegiatan ini, khususnya untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Berani melakukan pembaruan dan perbaikan ke arah yang lebih baik dari waktu ke waktu, mulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar hingga level negara. Pembauran dan perbaikan itu harus disertai dengan rasa semangat dan optimisme berdasarkan keimanan kepada Allah SWT.

Lebih lanjut dikatakan bahwa ASN harus siap berkorban, bekerja sama dan membantu sesama dalam mewujudkan kebaikan demi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Kota Pasuruan. Diharapkan 1 OPD harus menciptakan 1 inovasi sehingga bisa melaksanakan tugas-tugas dengan baik dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

Seusai sambutan diteruskan dengan ceramah agama oleh Habib Hadi Al Idrus dari Kota Pasuruan mengenai perjalanan hijrahnya Nabi Muhammad SAW serta penuh pengorbanan dan susah payah  dalam memperjuangkan agama Islam.(pb)