Kepala Kepolisian Resort Pasuruan Kota sekaligus bertindak sebagai Inspektur Upacara pada hari Rabu tanggal 9 Januari 2019 mengukuhkan Team Resmob Suropati. Kegiatan tersebut dikemas dengan upacara pengukuhan Team Suropati di lapangan Gedung R. Abdul Rahman Polres Pasuruan Kota. Dalam kesempatan ini hadir Ketua DPRD Kota Pasuruan, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Jajaran Forkopimda Kota Pasuruan, Pejabat Polri/TNI, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta peserta upacara. Sebelumnya didahului pemasangan bagde dan penyiraman air oleh inspektur upacara kepada perwakilan Tim Resmob Suropati.
Amanat Inspektur Upacara Bapak Agus Sudaryatno, S.I.K, MH mengatakan data kejahatan jalanan tahun 2018 sebanyak 92 kasus dan dapat diungkap sebanyak 63 kasus, untuk meningkatkan pengungkapan kejahatan jalanan dan mengantisipasi meningkatnya kejahatan jalanan pada tahun 2019, serta untuk menjaga kondusif wilayah hukum Polres Pasuruan Kota dalam menghadapi Pemilu 2019 maka Polres Pasuruan Kota dipandang perlu membentuk sebuah Team yang diberi nama “Team Resmob Suropati”. Nama Suropati diambil dari filosofi pahlawan Untung Suropati yang pemberani, cinta tanah air dan mampu mengalahkan penjajah Belanda di Pasuruan, sehingga Team Resmob Suropati diharapkan juga mempunyai jiwa yang pemberani, jiwa melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat Pasuruan dengan profesional, modern dan terpercaya (Promoter) pelayanan dengan ikhlas dan tanpa imbalan seperti pahlawan Untung Suropati.
Lebih lanjut dikatakan, Team Resmob Suropati terdiri dari anggota-anggota pilihan Sat Reskrim Polres Pasuruan Kota yang dibekali sepeda motor trail, rompi dan helm anti peluru, senjata api panjang dan pendek serta telah dilatih bela diri Polri, dengan dibekali peralatan tersebut diharapkan mampu menindak dan menangkap segala tindak kejahatan jalanan. Selain itu akan bekerja 24 jam dengan melakukan patroli di seluruh wilayah hukum Polres Pasuruan Kota. (pb)