Permasalahan saat ini, di bidang ketenaga kerjaan salah satunya adalah pengangguran/pencari kerja yang semakin meningkat , sedangkan jumlah lowongan kerja yang tersedia sangat sedikit, begitupun  dengan persediaan dan kebutuhan tenaga kerja baik dari segi kualitas maupun kuantitas yang dibutuhkan pasar kerja juga kurang sehingga terjadi kesenjangan dalam penempatan tenaga kerja serta menjadikan kendala dalam proses penempatan tenaga kerja.  Adanya ketidakseimbangan  yang juga dapat diakibatkan kurangnya/terjadinya kesenjangan informasi antara perusahaan pengguna dan pencari kerja. Sering kali terjadi perusahaan pengguna tenaga kerja sulit mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi dan jabatan yang tersedia. kesenjangan tersebut berdampak tidak semua pencari kerja dapat menempati lowongan kerja yang ditawarkan.

Dengan tidak seimbangnya antara tingginya jumlah  pencari kerja dengan lowongan/lapangan kerja yang tersedia, dan kurangnya informasi lowongan pekerjaan dari perusahaan, maka  untuk mengatasi hal tersebut Pemerintah  Kota Pasuruan  bekerjasama dengan   perusaahaan – perusahaan dari berbagai bidang memfasilitasi  bertemunya perusahaan dengan para pencari kerja dalam kegiatan  bursa kerja (JOB FAIR).

Oleh karena itu, maka Pemerintah Kota Pasuruan melaksanakan kegiatan Bursa Kerja yang dikenal dengen JOB FAIR yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari, mulai hari Rabu sampai dengan hari Kamis tanggal 16 Oktober sampai dengan tanggal 17 Oktober 2019 di GOR Untung Suropati Jalan Sultan Agung Kota Pasuruan. Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Plt. Walikota Pasuruan dihadiri Wakil Ketua DPRD Kota Pasuruan, para Asisten, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Camat Se-Kota Pasuruan, para pencari kerja  serta undangan lain.

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pasuruan Bapak H. Mahbub Effendi, SE, MM mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah  memberikan informasi lowongan kerja yang ada di perusahaan dan memfasilitasi bertemunya perusahaan dan pencari kerja. Sasaran dari kegiatan ini adalah menyerap  tenaga kerja yang menganggur dengan jumlah lowongan yang tersedia ± 1.500 dari 34 (tiga puluh empat) perusahaan.

Sambutan  dan arahan Plt. Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno  Prasetyo, ST mengatakan kegiatan ini diharapkan memberikan dampak positif bagi pencari kerja khususnya masyarakat Kota Pasuruan, karena dengan adanya kegiatan bursa kerja (JOB FAIR) yang utamanya memberikan informasi lowongan kerja bagi pencari kerja (pencaker).  Kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini saya sampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya. Semoga apa yang kita laksanakan berguna bagi masyarakat Kota Pasuruan dan sekitarnya.

Seusai sambutan diteruskan dengan pengguntingan pita oleh Plt. Walikota Pasuruan didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Pasuruan, sebagai tanda kegiatan bursa kerja (JOB FAIR) resmi dibuka di lanjutkan peninjauan ke stand-stand perusahaan.