City branding adalah perangkat pemasaran yang diungkit oleh perancang pembangunan untuk meningkatkan kinerja investasi, perdagangan dan pariwisata. Penyusunan city branding Kota Pasuruan dilaksanakan mulai bulan Juli hingga berujung pada launching-nya di bulan Oktober 2019 ini. Lamanya waktu penyusunan tersebut, dikarenakan perancang harus mampu mendesain logo dan tagline city branding yang representatif dengan identitas dan potensi Kota Pasuruan, sekaligus cita-cita Kota Pasuruan ke depan. Logo dan tagline city branding akan menjadi aset tak berwujud bagi Kota Pasuruan. Oleh katena itu, aktivasi city branding akan dilakukan pada kemasan-kemasan mamin, properti iklan travel dan hotel, ikon landmark Kota hingga media publikasi instansi Pemerintah Kota maupun swasta. Berbeda dengan logo Pemerintah Kota Pasuruan yang hanya menjadi  aset tak berujud bagi Pemerintah Kota Pasuruan dan digunakan pada urusan birokrasi dan administrasi penyelenggaraan Pemerintahan.

Sejarah mencatat kiprah inspiratif Kota Pasuruan di masa lalu. Romantika inilah yang kita bangkitkan kembali spirit-nya melalui pemilihan tagline “Inspiring City” atau “Kota Inspiratif”. Artinya, bahwa “Menginspirasi” adalah sebuah seruan atau ajakan untuk aktifitas yang dilakukan secara terus menerus demi sebuah proses tumbuh dan berkembang.

Dari perjalanan awal sampai terbentuknya Tagline Kota Pasuruan yaitu “Inspiring City Pasuruan” maka pada hari Rabu Malam tanggal 30 Oktober 2019 bertempat di Halaman Gedung Perpustakaan Daerah Kota Pasuruan diselenggarakan Launching City Branding Kota Pasuruan oleh Plt. Walikota Pasuruan di hadiri Ketua DPRD Kota Pasuruan beserta jajarannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Sekretaris Daerah, Jajaran Forkopimda, Asisten, Para Kepala Perangkat Daerah, Pengasuh Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah, Tokoh agama, Tokoh Masyarakat, Camat dan Lurah, Perwakilan Bank Indonesia, Perwakilan Perusahaan dan Industri Kecil Menengah, Organisasi Kemasyarakatan, Perwakilan Bank Indonesia, Universitas, media massa  serta undangan lain.

Menurut Kepala Badan  Perencanaan Pembangunan, Pengembangan Dan Penelitian Daerah (Bappelitbangda) Kota Pasuruan Bapak  Drs. H. Djoko Adri Srijono, M.Si mengatakan tujuan acara ini adalah untuk mengenalkan city branding Kota Pasuruan dan untuk menggalang dukungan elemen masyarakat terhadap aktivasi city branding Kota Pasuruan. Penyelenggaraan launching ini, diharapkan  memberikan hasil berupa tersosialisasikannya logo dan tagline city branding Kota Pasuruan.

Dalam kesempatan ini, Plt. Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST menyampaikan Kota Pasuruan menyimpan beragam potensi yang dapat menginspirasi kita untuk menggapai masa depan. Inspirasi itu boleh jadi muncul dari potensi di sektor industri mebel, logam, pelabuhan, pesisir, pendidikan hingga permukiman. Tradisi santri yang mengakar kuat di Kota Pasuruan, juga syarat nilai-nilai inspiratif yang layak disemai sebagai benih-benih kehidupan yang positif. Nilai-nilai kesantrian yang sentiasa mengutamakan adab, tentu akan sangat menjunjung konsep Islam sebagai rahmatan lil alamin. Inilah yang menjadi tumpuan bagi tumbuhnya harmoni dalam kehidupan bermasyarakat, sekaligus menjadi modal utama bagi pembangunan.

Plt. Walikota Pasuruan sangat mengapresiasi kerja Perpustakaan Daerah yang telah bahu membahu dengan  berbagai pihak, demi membaiknya tingkat literasi masyarakat Kota Pasuruan. Secara khusus, kami juga respek dengan komunitas-komunitas literasi yang telah bergerak secara mandiri, sebagai bentuk partisipasi nyata masyarakat dalam pembangunan. Semua kreasi dan inovasi dituangkan disini. Semoga bisa memotivasi kita semua, jayalah selalu Kotaku.

Seusai sambutan di teruskan dengan Launching City Branding Kota Pasuruan “Inspiring City Pasuruan” oleh Plt. Walikota Pasuruan didampingi Ketua DPRD, Jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur,Pengasuh Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah dan Tokoh agama dengan ditandai dengan screning telapak tangan.

Diakhir acara, Plt Walikota Pasuruan menerima Buku Citra Kota Pasuruan dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Penyerahan E-Book dari Perwakilan Gramedia dan Perwakilan Bank Indonesia, penyerahan Buku Antalogi karya penulis Kota Pasuruan. Selanjutnya secara simbolis pemasangan striker “Inspiring City Pasuruan” oleh Plt. Walikota Pasuruan ke Mobil Dinas.