Inspiring City Pasuruan. Pemerintah Kota Pasuruan menggelar operasi masker bersama jajaran Polres Kota Pasuruan dan jajaran Kodim 0819 Pasuruan pada hari Rabu tanggal 30 September 2020 di Alun-Alun Kota Pasuruan. Kegiatan ini bertujuan untuk menegakkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran  Corona Virus Disease 19 (Covid-19) di wilayah Kota Pasuruan. Dalam kesempatan ini, Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Pasuruan Bapak Dr. Ardo Sahak SE, MM memimpin secara langsung operasi masker di dampingi Kapolresta Pasuruan, Plt. Asisten Pemerintahan Kota Pasuruan, Kepada Dinas Sosial Kota Pasuruan, Kepala Dinas Perhubungan Kota Pasuruan, Kepala BPBD Kota Pasuruan serta Kasatpol PP Kota Pasuruan.

Dalam operasi ini, Pemerintah Kota Pasuruan  menjaring 31 warga yang melakukan pelanggaran yakni tidak memakai masker sehingga dikenakan sangsi membersihkan jalan. Kegiatan operasi masker ini akan terus dilakukan secara rutin oleh Pemerintah Kota Pasuruan. Dalam operasi masker, petugas menghimbau warga untuk menggunakan masker saat keluar rumah.

Menurut Plt.  Asisten Pemerintahan Kota Pasuruan, Bapak Kokoh Arie Hidayat SE, S.Sos, MM mengatakan Pemerintah Kota Pasuruan akan terus dan sungguh-sungguh dalam menegakkan disiplin prokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid 19 di Wilayah Kota Pasuruan. Yakni hari ini dengan  mengadakan operasi pengetatan penggunaan masker bagi masyarakat untuk mempersempit area penyebaran Covid 19. Kepada pengguna jalan yang tidak memakai masker diberi  hukuman untuk melaksanakan kerja sosial yakni membersihkan jalan di area publik yang lebih berat/lama sehingga diharapkan memberi efek jera. Operasi tersebut tetap menerapkan pendekatan persuasif kepada masyarakat. Serta dihimbau kepada masyarakat Kota Pasuruan agar disiplin dalam mematuhi aturan protokol kesehatan ketat (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak) dalam menghadapi tatanan hidup baru (New Normal Life).