Inspiring City Pasuruan. Dalam upaya untuk mensistematisir seluruh data maka Pemerintah Kota Pasuruan bersama BPS Kota Pasuruan melakukan penandatanganan komitmen bersama implementasi satu data Indonesia dalam rangka penyelenggaraan sistem statistik nasional di Media Comand Center Kota Pasuruan pada hari Rabu (03/02/2021).

Penandatanganan komitmen bersama ini merupakan bagian dari penguatan percepatan, efektifitas, efisiensi, dan akuntabilitas seluruh layanan digitalisasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Pasuruan dan BPS agar data semakin terintegrasi.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Kota Pasuruan Kokoh Arie Hidayat berharap bahwa dengan adanya penandatanganan ini harus ada aksi nyata yang dilakukan. Diantaranya, membuat portal data yang bisa diakses masyarakat.

Selain itu, akan dibuat Peraturan Wali Kota Pasuruan  terkait dengan tindak lanjut satu data. ” Kita akan mengintegrasikan data, baik yg dimiliki oleh perangkat Daerah maupun instansi Pemerintah lainnya, sehingga data yg digunakan untuk pembangunan dan kepentingan kesejahteraan masyarakat Kota Pasuruan sama.    “, Kata beliau menambahkan. (fit)