Pasuruan Kota Madinah. Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf dan Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo mengundang BPJS Kesehatan Cabang Kota Pasuruan dalam sebuah Forum Kemitraan 2021 yang dihadiri oleh seluruh perwakilan mitra dari BPJS Kesehatan, mulai dari klinik, puskesmas, rumah sakit, dan layanan kesehatan lainnya baik milik Pemerintah atau swasta. Kegiatan yang dilakukan di Ruang Rapat Untung Suropati Kota Pasuruan pada hari Jum’at tanggal 26 Maret 2021 dihadiri pula oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan, dan Kepala Perangkat Daerah terkait lainnya.

Kegiatan diawali dengan pemaparan dari BPJS Kesehatan Kota Pasuruan terkait Progres Report Pelayanan Kesehatan JKN KIS (Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat) di Kota Pasuruan. Gus Ipul menyampaikan bahwa forum kemitraan dimaksudkan untuk menumbuhkan komitmen dan bersinergi dalam meningkatkan layanan kesehatan khususnya di Kota Pasuruan, baik fasilitas kesehatan milik Pemerintah atau swasta yang bermitra dengan BPJS Kesehatan. Disamping banyaknya capaian keberhasilan pelayanan kesehatan, tetapi di Kota Pasuruan juga masih terdapat beberapa hal yang menjadi catatan untuk segera dilakukan perbaikan, seperti angka rujuk balik dari pihak rumah sakit kepada dokter spesialis yang menangani, maka Gus Ipul menyampaikan bahwa forum kemitraan ini juga mengandung unsur-unsur evaluasi yang diukur oleh BPJS melalui alat ukur normatif yang disesuaikan dengan ketentuan yang ada dan alat ukur lainnya berdasarkan teknologi. Sehingga semua yang menjadi bahan evaluasi harus mendapat jawaban agar semua persoalan dapat menemui solusi dan perbaikan.

Gus Ipul dan Mas Adi berharap bahwa UHC (Universal Health Coverage) di Kota Pasuruan nantinya dapat meningkat dan mencapai 98% sehingga indikator layanan kesehatan di Kota Pasuruan juga dapat meningkat. Gus Ipul juga menginginkan bahwa hanya dengan menggunakan KTP, warga Kota Pasuruan bisa mendapat pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang ada sehingga masyarakat mendapatkan kemudahan dalam mendapat layanan kesehatan. Lebih lanjut pelayanan konsultasi online terkait kesehatan di Kota Pasuruan lebih dikembangkan. (wdy)