Aktual

Bertemu Presiden RI Di Madiun, Wali Kota Pasuruan Bersama Forkopimda Se-Jatim Dapat Arahan Penanganan Covid-19

Pasuruan Kota Madinah. Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) beserta seluruh Kepala Daerah di Jawa Timur mendapatkan arahan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) terkait penanganan Covid-19 yang saat ini mengalami trend peningkatan akibat adanya varian baru Covid-19 yaitu vairan delta. Pada arahan yang digelar di Pendopo Ronggo Djoemeno, Caruban, Kab. Madiun ini, Jokowi menyampaikan terdapat tiga langkah dalam meminimalisir penyebaran Covid-19 varian delta, pertama perlunya memindahkan semua yang dinyatakan warga terkonfirmasi Covid-19 dan sedamg melaksanakan isolasi mandiri (isoman) agar bisa dipindahkan ke tempat isolasi terpadu yang disediakan setiap kota atau kabupaten.

Arahan kedua yakni, perlunya menggencarkan dan mempercepat proses vaksinasi pada warga yang belum menerima vaksin. “Kita di dosis pertama baru 30%, maka saya minta   Bupati dan Wali Kota di Pemerintahan Kabupaten dan/atau Kota mewaspadai adanya varian baru covid jangan sampai terlambat mengetahui. Serta jika ada vaksin dstang ke daerah, langsung habiskan secepat-cepatnya, ” ujar Jokowi dalam arahannya hari Kamis tanggal 19 Agustus 2021. Ketiga, terkait demgan distribusi obat agar dipercepat dan tidak melambat. “Tiga hal ini kalau kita kerjakan insyaallah akan semakin turun kasus-kasus yang ada di provinsi Jatim, “

Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo (Mas Adi) didampingi Kapolres Pasuruan Kota dan Dandim 0819 Pasuruan turut mengikuti acara secara virtual di Media Command Centre (MCC) Kota Pasuruan. Dalam acara yang juga dihadiri Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa didampingi Forkopimda Provinsi Jawa Timur ini, Jokowi juga menyampaikan apresiasi atas sinergitas yang baik antara Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Pemerintah Provinsi telah bersinergi dengan Pemerintah Pusat dalam penanganan pandemi. Jokowi berharap dengan adanya keseriusan penanganan pandemi, ekonomi dapat kembali bergerak dan masyarakat dapat kembali menjalnkan aktivitasnya. “Saya sangat mengapresiasi kerja sama TNI, Polri dan pemerintah Daerah dalam rangka mengurangi penyebaran Covid-19 ini, ” Pungkas Jokowi. Setelah arahan selesai, Gus Ipul bersama beberapa Kepala Daerah lainnya melakukan dialog secara langsung kepada Jokowi  dengan membahas berbagai permasalahan dan perkembangan penanganan Covid-19 di daerah masing-masing.