Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur Ibu Arumi Bachsin Emil Dardak, secara resmi membuka pameran Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke-16 dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 Tahun 2019 di alun-alun Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, pada hari Sabtu tanggal 19 Oktober 2019.

Pameran BBGRM ke-16 dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47 Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemerintah Provinsi  Jawa Timur,  digelar di Alun Alun Kabupaten Situbondo selama 2 (dua) dua hari, mulai hari  Sabtu sampai dengan hari Minggu tanggal 19 OKtober sampai dengan tanggal 20 Oktober 2019.

Dalam kesempatan ini, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur Ibu Arumi Bachsin Emil Dardak mengatakan sebagai Tim Penggerak PKK haruslah menimbulkan gelora, yakni membawa semangat dan energi baru setiap gerak langka kita. Tim Penggerak PKK sebagai mitra Pemerintah harus bisa menjadi pelopor dan inspiratif bagi masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Pemerintah Provinsi  Jawa Timur Bapak Ir. Mohammad Yasin mengatakan pameran BBGRM dan HKG PKK merupakan rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-74 Jawa Timur yang digelar di Kabupaten Situbondo. Peserta pameran dari 38 Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur, dan ada 110 stan pameran dari masing-masing Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur.

Acara pembukaan pameran juga dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Situbondo, Bupati/ Walikota SeJawa Timur, Pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur,  Jajaran Forkopimda Kabupaten Situbondo, Ketua MUI, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur beserta jajaran pengurus, Ulama, Kyai, Bu Nyai, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama serta undangan lainnya.

Seusai sambutan diteruskan dengan pengguntingan untaian bunga melati oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur di dampingi Bupati Situbondo dilanjutkan dengan peninjauan stand pameran.

Selanjutnya pada siang harinya, Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa, menghadiri puncak acara Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-16 dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 47 Tahun 2019). Puncak acara dilaksanakan di Destinasi Wisata Kampung Kerapu, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Hadir dalam acara tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur, Bupati dan Wakil Bupati Situbondo, Ketua TP PKK Situbondo beserta jajaran pengurus, Pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur,  Jajaran Forkopimda Kabupaten Situbondo, Ketua MUI, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur beserta jajaran pengurus, Ulama, Kyai, Bu Nyai, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama serta undangan lainnya.

Dalam  kesempatan ini Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Bapak Drs. H. Bahrul Ulum, MM dan Wakil Ketua II Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan Ny. Hj Shofiyah Bahrul Ulum beserta jajaran pengurus juga hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan ini,  Gubernur Jawa Timur Ibu Hj. Khofifah Indar Parawasa mengajak kepada seluruh elemen masyarakat di Jawa Timur untuk tetap menjaga kondusifitas, menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia  Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin. Karena kita semua punya tugas menjaga Indonesia aman, damai, kondusif agar Indonesia lebih produktif. Jika Indonesia tidak aman, maka berbagai produktivitas akan terganggu. Jika suasana aman dan kondusif maka akan bisa terbangun sebuah tatanan yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Suasana yang aman akan membawa kita menuju berbagai aspek kehidupan yang sejahtera.

Gubernur Jawa Timur juga  mengucapkan terima kasih kepada Bupati Situbondo beserta jajarannya ,  yang telah ikut mendukung suksesnya dan menjadi tuan rumah puncak peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan Hari Kesatuan Gerak PKK yang berlangsung di Kabupaten Situbondo.

Sebagai wujud penghargaan dan apresiasi kepada Tim Penggerak PKK Se-Jawa Timur yang telah mengabdikan dirinya dalam memajukan, menggerakkan dan kesetiaan dalam peran aktifnya pada gerakan PKK ditempatnya masing-masing., maka Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur menyematkan PIN emas dan memberikan piagam penghargaaan Adhi Bhakti Madya PKK  kepada 60 orang Pengurus Tim Penggerak PKK, termasuk diberikan kepada Wakil Ketua II Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan Ny. Hj. Shofiyah Bahrul Ulum  yang telah mengabdi selama 20 Tahun.Terakhir, Puncak peringatan BBGRM dan HKG-PKK ditandai dengan memukul kentongan Oleh Gubernur Jawa Timur diikuti oleh 38 kepala daerah di Jawa Timur dan undangan lainnya.