AktualPublikasi

Dekranasda Kota Pasuruan Gelar Workshop UMKM GO Digital GO Global

Pasuruan Kota Madinah. Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pasuruan bersama DHL express menggelar workshop e-commerce dengan tema “UMKM Kota Pasuruan Go Digital Go global”. Workshop ini digelar di Gedung Gradika Kota Pasuruan, pada Senin (08/11/2021).

Ketua Dekranasda Kota Pasuruan Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf menyampaikan kinerja perekonomian indonesia mengalami pelemahan yang signifikan selama pandemi covid-19. Namun dibalik semua musibah yang terjadi, pasti ada celah untuk bangkit. Selama pandemi berlangsung, masyarakat cenderung membatasi aktivitas mereka di luar rumah, termasuk berbelanja. Masyarakat lebih memilih berbelanja secara daring atau online melalui toko online atau online shop.

“Sebenarnya budaya berbelanja online ini sudah ada sejak lama, namun intensitasnya semakin tinggi seiring dengan melonjaknya kasus covid-19. Hal ini bisa menjadi celah bagi masyarakat yang terdampak secara ekonomi untuk bangkit, dengan mulai berbisnis atau mengembangkan toko online, “ ujar Fatma

Fatma juga menjelaskan bahwa Proses transaksi jual beli yang dilakukan melalui internet dikenal dengan e-commerce atau electronic commerce. E-commerce dan memberi manfaat seperti;  bisa menghemat waktu lebih baik, bisa menjadi bisnis lintas wilayah, bisa dilakukan tanpa modal besar dan menawarkan fleksibilitas yang tinggi.

“Yang perlu saya ingatkan di sini, bahwa untuk menjalankan bisnis online mutlak memerlukan kepercayaan satu sama lain, yaitu antara penjual dan pembeli. Jika tidak ada rasa saling percaya, mustahil transaksi bisa dilakukan. Untuk itu, setiap perusahaan atau siapa pun yang akan melakukan bisnis online, perlu menjaga kepercayaan dari konsumennya,” jelas Fatma.

Ia juga mengatakan bahwa pelaku bisnis online penting untuk menyajikan informasi yang benar dan jujur terkait barang atau jasa yang akan dijual. Kejujuran akan produk yang ditawarkan kepada konsumen, dan informasi yang benar sesuai dengan detail barang yang dijual, akan menjaga kepercayaan konsumen terhadap toko online tersebut.

Peserta workshop ini terdiri dari para UMKM kerajinan di Kota Pasuruan. Dan diisi oleh para Narasumber dari DHL express. (fit)