Cerita KotaPublikasi

Aneka Olahan Bandeng Jelak Sang Primadona Kota Pasuruan

Gali Potensi Kota Pasuruan- Ikan Bandeng merupakan salah satu ikan yang hidup di air payau (tambak). Nah di Kota Pasuruan punya bandeng Jelak yang menjadi primadona Kota Pasuruan. Bandeng Jelak ini berbeda dengan bandeng lainnya, rasanya yang tidak bau tanah/lumpur menjadi ciri khas dari Bandeng Jelak.

Dinamakan Bandeng Jelak karena bibit ikan ini berasal dari kampung Jelak, Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan.

Ciri khas lainnya untuk membedakan Bandeng Jelak Kota Pasuruan dengan bandeng daerah lain adalah warna merah pada bibir bandeng jelak.

Olahan Bandeng ini beraneka ragam, mulai presto, bandeng bakar madu, bandeng tanpa duri, otak-otak bandeng, abon bandeng, bandeng crispy, dll.

Ini semua bisa di didapatkan dengan mengunjungi Bandeng Jelak Maju dan Bandeng Jelak Joyo Food yang terletak di Jl. Kh.Ir.Juanda Kampung Jelakrejo, RT 03/ RW 05, Kel. Blandongan, Kec.Bugul Kidul Kota Pasuruan.

Dua tempat ini merupakan binaan dari @dinasperikanan_kopas , dimana mereka diberikan binaan seperti pengemasan, dan fasilitas pemasaran.

Menurut Kepala Bidang Budidaya Perikanan Dinas Perikanan Kota Pasuruan, Ibu Hermin menyampaikan bahwa pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Perikanan dimulai tahun 2018. Ada dua kelompok binaan yang terdiri dari 10 orang. Dimana binaan tersebut sekarang kita kenal dengan Jelak Joyo Food dan Bandeng Jelak Maju. (fit/lut)