AktualPublikasi

Inovasi Baru Dunia Pendidikan, Pemkot Inisiasi Program SPOT Suropati

Pasuruan Kota Madinah. Menyikapi kondisi pandemi Covid-19 saat ini maka pembelajaran di tahun ajaran baru 2021/2022 bersifat dinamis mengacu pada kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masing-masing daerah, dan Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

Hal tersebut diutarakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Mualif Arif, S.Sos., MM, saat di wawancara di ruang kerja , Kamis  (10/02/2022). Menurutnya, pembelajaran di Kota Pasuruan perlu memperhatikan kondisi dan zona wilayahnya. Di Kota Pasuruan sendiri sejak tanggal 24 Januari 2022 telah menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) 100% namun dengan memperhatikan persyaratan SKB 4 menteri indikatornya yaitu tenaga pendidik telah di vaksin sekitar 80% dan untuk lansia 75%.

“Saat di awal Januari 2022 siswa masih libur semesteran, jadi untuk PTM kita laksanakan 24 Januari 2022 dengan durasi pembelajaran 6 jam, itupun kita tetap memperhatikan persyaratan SKB 4 menteri”, ujar Mualif Arif

Dalam perkembangan penyebaran Covid-19 di Kota Pasuruan. Ada salah satu sekolah yang terpapar Covid-19 sehingga sekolah ditutup untuk sementara. Pembelajaran pun kembali dengan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

“Pembelajaran di sekolah saat ini kembali lagi dengan metode PJJ, karena ada salah satu sekolah yang terpapar Covid-19 “, jelas Mualif Arif

Untuk menginisiasi pembelajaran di Kota Pasuruan lebih efektif. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyusun program untuk pembelajaran dengan tujuan menyeragamkan pembelajaran di massa pandemic dengan inovasi baru yaitu SPOT Suropati (Sistem Pembelajaran Online Terpadu Suropati).

“Kami memiliki program SPOT Suropati nantinya aplikasi ini memiliki fitur yang mendukung untuk pembelajaran, seperti muatan materi baik dalam bentuk video ataupun PPT, dapat berhubungan secara virtual dengan gurunya “, jelas Mualif Arif

Perlu diketahui dalam pembelajaran di Kota Pasuruan sendiri menerapkan program pembelajaran blended learning yaitu kombinasi PTMT dan PJJ sesuai instruksi Mendagri terbaru terkait penetapan level PPKM kota. Kombinasi PTMT dan PJJ adalah satu point kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan saat pandemi, kemudian ada suatu program inovasi yaitu SPOT Suropati yang nantinya akan diresmikan kisarn akhir bulan Februari-awal Maret. (lut)