AktualPublikasi

Pengukuhan Pengurus PSHT Kota Pasuruan, Mas Adi Tekankan Spirit Membangun Persaudaraan

Pasuruan Kota Madinah. Pengukuhan PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate) Kota Pasuruan dan halal bihalal yang dipusatkan Rumah Makan Kebun Pring Kota Pasuruan diikuti oleh pengurus dengan mengenakan baju kebesaran PSHT dan dengan prokes yang ketat.

Pencak silat adalah olahraga yang berintikan seni beladiri yang merupakan warisan leluhur budaya bangsa Indonesia, Persaudaraan Setia Hati Terate adalah salah satu varian organisasi pencak silat yang akan menginjak usianya 100 tahun.

Persaudaraan Setia Hati Terate varian bangsa Nusantara ini bertujuan mendidik manusia yang berbudi luhur bisa membedakan mana yang salah dan benar, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dasar didikannya ada 5 yaitu persaudaraan, Olahraga, beladiri, seni dan kerohanian yang dimiliki manusia yaitu aspek lahir, bathin dan rohaniah dalam khazanah ilmiah disebut upaya peningkatan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual.

Dalam kesempatan sambutan Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo, S,TP., M.Si menekankan Pemerintah Kota Pasuruan sangat mengapresiasi pengukuhan kepengurusan PSHT Kota Pasuruan karena akan menambah energi bagi Kota Pasuruan dalam rangka memujudkan cita-cita untuk memujudkan Kota Pasuruan Kota Madinah. Minggu (15/5/2022)

“Tentu pada misi ketiga tentang harmoni warganya, inilah yang seiring dan selaras dengan spirit membangun persaudaraan. Kita punya cita-cita yang besar tapi kalau tanpa situasi yang harmonis tanpa ada semangat kebersamaan tanpa ada semangat persaudaraan maka itu akan sulit sekali kita wujudkan karena kita dilahirkan dengan perbedaan,” Ujarnya

Kemudian Mas Adi juga menambahkan PSHT usianya hampir 1 abad tentu usianya lebih tua dari NKRI maka kita semua harus belajar seiring dengan sejarah perjuangan, masing-masing ada spirit yang kita bangun yaitu spirit untuk menjaga keutuhan NKRI.

“Memang tantangannya tidak mudah seiring dengan perkembangan teknologi informasi, perkembangan jaman saat ini, dunia ibarat seperti global village yang bisa kita ketahui secara real time,” katanya

Perkembangan jaman kadang mempengaruhi dinamika yang ada di internel, tantangan menjadi salah satu yang harus kita antisipasi dengan tetap menjaga spirit awal dari sejak berdiri membangun kebersamaan untuk memujudkan cita-cita bersama yaitu terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur.

“Kota Pasuruan terdiri 4 kecamatan 34 kelurahan, ini mampu bersinergi membangun kolaborasi untuk memujudkan cita-cita kemajuan kota pasuruan ,” imbuhnya

Mas Adi juga menyampaikan kita boleh berangkat dari tempat yang berbeda tapi tujuannya adalah sama, inilah konvergensi yang harus kita bangun kemudian ada titik temu yang harus kita jadikan spirit .

“Mulailah dari diri kita masing-masing semangat cita-cita spirit untuk membangun kebersamaan yang diniati,” ujarnya

Mas Adi juga menyampaikan PSHT ini adalah warisan leluhur yang mempunyai khazanah budaya yang punya pesan dari orang tua kita bukan hanya menjadi hiburan tetapi juga bisa menjadi tuntunan selain itu juga menjadi ajang untuk membangun prestasi.

“Mari kita bangun sinergi membuka diri untuk bersama-sama membangun kota pasuruan, dengan keberagaman, dengan potensi masing-masing, menggalang persatuan, bergandeng tangan untuk memujudkan masyarakat yang adil dan makmur dengan semangat yang sama yaitu menjaga NKRI,” pungkasnya

Pengukuhan PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate) dihadiri Wakil Wali Kota Pasuruan (Mas Adi), Wakapolres Kota Pasuruan, Ketua Koni, Ketua IPSI, Forkopimda,  Ketua Dewan Pusat dan Ketua Umum PSHT,dan diikuti kepengurusan PSHT Kota Pasuruan. (rmd)