Aktual

Pembekalan Petugas Pelayanan Pajak Daerah, Gus Ipul Sampaikan Parkir Salah Satu Potensi Pendapatan Daerah

Pasuruan Kota Madinah.  Dalam rangka meningkatkan Pajak Asli Daerah (PAD), Badan Pendapatan Daerah Kota Pasuruan menyelenggarakan kegiatan Pembekalan Petugas Pelayanan Pajak Daerah dengan tema TEBAR PESONA (Terampil, Sabar, Profesional dan Amanah). Kegiatan dilaksanakan di Hotel Horison Kota Pasuruan pada tanggal 6 sd 7 juli 2022. Rabu (6/7/2022)

Pajak daerah dan retribusi daerah merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang penting untuk membiayai penyelenggaraan pemerintah daerah guna memantapkan otonomi daerah yang luas, nyata dan bertanggung jawab.

Pajak daerah merupakan pajak yang dipungut oleh pemerintah daerah untuk membiayai rumah tangga daerah dan tercantum dalam APBD. Pajak daerah terdiri dari pajak hotel, pajak restoran, pajak reklame, pajak hiburan, pajak penerangan jalan, pajak mineral, pajak parkir, pajak air tanah, BPHTB serta pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan (PBB-P2).

Dalam sambutannya Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyampaikan Pemerintah Kota Pasuruan telah melaporkan ke DPRD terkait realisasi APBD tahun 2021 salah satunya pointnya adalah pendapatan.

“Kegiatan pembekalan Petugas Pelayanan Pajak Daerah diharapkan dapat menggenjot target PAD Kota Pasuruan, Saya ingin Strategi apa yang kita terapkan untuk itu belajar dari daerah-daerah lain agar pendapatan kita dapat meningkat,” harapnya

Gus Ipul juga menambahkan retribusi daerah khususnya parkir harus diperhatikan karena retribusi parkir ini mempunyai potensi yang besar terkait dengan pendapatan daerah.

“Parkir menjadi salah satu perhatian dari KPK dan BPK terkait dengan pendapatan daerah,” imbuhnya

Salah satu cara yang menggenjot PAD (Pendapatan Asli Daerah) meningkatkan layanan dengan membuat event-event sehingga dapat menarik wisatawan baik lokal maupun domestik khususnya pendapatan retribusi parkir.

“Kita mau face Off operasi wajah, kita mau meningkatkan layanan dengan melakukan event-event baik yang diselenggarakan dari pemerintah maupun swasta untuk menggenjot PAD,” katanya

Menurut Gus Ipul, pendapatan daerah khususnya parkir juga ada parkir berlangganan .

Gus Ipul juga meminta kepada camat untuk memetakan daerahnya, mana yang potensi untuk kawasan parkir sehingga akan menambah PAD Kota Pasuruan.

Gus Ipul mengharapkan ditahun berikutnya Pendapatan Daerah Kota Pasuruan meningkat dengan menekankan kepada petugas lapangan untuk mempunyai target.

“Petugas Pelayanan Pajak Daerah harus terampil, sabar, professional dan amanah,” pungkasnya

Diakhir sambutan Gus Ipul menyampaikan untuk meningkatkan pendapatan daerah harus duduk bersama perangkat daerah terkait bagaimana strategi yang harus dilakukan untuk meningkatkan PAD Kota Pasuruan dengan terampil artinya tahu tugasnya dengan baik, sabar artinya tekun mau mendengarkan, Profesional artinya mengerti etika dan amanah artinya bisa mempertanggung jawabkan apa yang menjadi tugasnya.

Pembekalan Petugas Pelayanan Pajak Daerah dibuka langsung oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) didampingi Wakil Wali Kota Pasuruan, Kepala Bapenda, Kepala BPKA, Kepala Perangkat Daerah Terkait dan diikuti oleh petugas lapangan pelayanan pajak daerah baik dari kecamatan maupun kelurahan. Acara di gelara selama dua hari 6 sampai dengan 7 Juli 2022 yang mana di hari kedua Wakil Wali Kota Pasuruan sebagai narasumber. (rmd)