AktualPublikasi

Manajemen Kinerja PNS Pemkot Pasuruan Terbaik, Kedepan BKD Akan “Jemput Bola”

Pasuruan Kota Madinah – Tahun 2022 bisa dikatakan sebagai tahun penuh prestasi bagi Kota Pasuruan. Setidaknya hingga bulan Agustus 2022 beberapa penghargaan berhasil diraih oleh Pemkot Pasuruan. Terbaru, Pemkot dianugerahi penghargaan Implementasi Manajemen Kinerja Pegawai Negeri Sipil terbaik untuk kategori kota sedang dalam gelaran bertajuk BKN Award 2022.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pasuruan, Supriyanto, S.Sos, MM mengatakan bahwa hal yang menarik dalam raihan penghargaan ini adalah, BKN tidak memberikan pemberitahuan awal sebelum dilakaanakan penilaian.

“Tidak seperti penilaian-penilaian lainnya, kali ini BKN tidak memberitahukan indikator indikator apa yang akan dinilai. Alhamdulillah ternyata kita berhasil mendapat satu penghargaan yang menunjukkan Pemkot Pasuruan selama ini telah melaksanakan tata kelola manajemen kinerja kepegawaian dengan baik” ujar Supriyanto

Supriyanto mengatakan bahwa penghargaan kategori implementasi manajemen kinerja yang telah diraih merupakan buah dari upaya bersama dalam pengoptimalan penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai PNS yang harus selesai tepat waktu di awal tahun.

“Prestasi ini adalah buah kerja keras seluruh Perangkat Daerah. Indikatornya adalah pencapaian SKP Pegawai tahun 2020 yang telah diunggah di aplikasi BKN dengan nilai yang memuaskan”, ucap Supriyanto.
Supriyanto menjelaskan bahwa untuk mempertahankan prestasi yang telah diraih, pihaknya akan berupaya menjalankan strategi “jemput bola”. Salah satunya melakukan monitoring proges input SKP para PNS di lingkungan Pemkot Pasuruan

“Kami berharap pada peran para kepala OPD untuk membina dan mengawasi ASN di Perangkat Daerahnya masing-masing untuk selalu tepat waktu dalam menyusun SKP yang harus diselesaikan di minggu pertama tahun berikutnya”, kata Supriyanto
Disamping itu untuk bisa meningkatkan prestasi dengan meraih penghargaan di kategori lain, pihaknya telah melaksanakan beberapa program, terutama yang berkaitan dengan indeks profesionalitas ASN.

“Kita berupaya juga untuk selalu menghimbau para ASN rutin mengikuti webinar. Setiap ASN harus mengikuti sebanyak 20 jam pelajaran selama satu tahun” jelas Supriyanto.
Dengan berbagai upaya yang dilakukan Supriyanto berharap Pemkot Pasuruan kembali meraih berbagai penghargaan lainnya di waktu yang akan datang. (hly)