AktualPublikasi

Apel Bersama Kepala OPD dan Eselon 3, Gus Ipul Sampaikan Hal Berikut

Pasuruan Kota Madinah – Peningkatan kinerja ASN melalui penerapan sistem kerja yang terarah dan terukur dengan berpedoman pada Sistem Akuntabilitas Kinerjan Instansi Pemerintah (SAKIP) menjadi fokus Pemerintah Kota Pasuruan kedepan. Hal tersebut disampaikan Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ketika memimpin apel bersama para kepala perangkat daerah, pejabat eselon 3, camat dan lurah se-Kota Pasuruan pada Selasa (20/9) di lapangan BKD Kota Pasuruan.

Menurut Gus Ipul, capaian Pemkot Pasuruan berkaitan dengan SAKIP tetap memerlukan beberapa perbaikan untuk memacu peningkatan prestasi. Walikota juga berpesan agar dalam bekerja ASN juga berdasar pada pohon kinerja yang menjadi salah satu poin dalam SAKIP.

“Jika kita mengacu pada pohon kinerja, maka inti nya adalah dalam bekerja kita harus bertujuan pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah untuk kesejahteraan rakyat serta pertumbuhan ekonomi” ujar Gus Ipul

Gus Ipul menjelaskan bahwa Kota Pasuruan sebenarnya memiliki potensi yang apabila digali akan berdampak pada meningkatnya PAD. Contohnya dari sektor retribusi dan pajak yang masih bisa dioptimalkan.

“Selain itu ada beberapa aset milik kita yang dimanfaatkan oleh pihak lain sehingga membuat peroleh PAD kita masih dibawah standar” ucap Gus Ipul.

Untuk itu Walikota berharap agar pengelolaan aset bisa lebih dioptimalkan serta aset yang belum terdata harus diinventarisir dengan baik.

Sedangkan sebagai upaya pertumbuhan ekonomi, Gus Ipul berharap peran serta ASN dalam mewujudkan hal tersebut. Terlebih berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, Kota Pasuruan termasuk daerah yang pertumbuhan ekonominya baik.

Kegiatan dan pogram kerja yang dilakukan menurut Walikota harus memiliki pengaruh dan kontribusi terhadap peningkatan ekonomi serta mendukung program pemerintah untuk menggunakan poduk dalam negeri.

“ASN bisa berperan bagi pertumbuhan ekonomi Kota Pasuruan. Contohnya, jika membuat kegiatan sebisa mungkin dilaksanakan di wilayah Kota Pasuruan. Karena nanti belanja keperluannya juga dilakukan di Kota Pasuruan”, imbuh Gus Ipul

Selanjutnya Gus Ipul juga menghimbau agar para ASN lebih berkomitmen untuk meningkatkan kedisiplinan dalam bekerja. Pihaknya juga sedang menyusun adanya sistem reward and punishment untuk memacu para pegawai untuk menampilkan kinerja yang lebih baik lagi.

“Harus disiplin terhadap waktu dan disiplin kepada berbagai hal yang mendukung kinerja kita. Jangan hanya hadir secara fisik, namun pikiran dan hati kita juga harus ikut bekerja” himbau Gus Ipul.

Di akhir, Gus Ipul juga menghimbau agar para pegawai ikut serta dalam upaya mewujudkan kebersihan lingkungan. Terlebih pada tahun 2023 Kota Pasuruan dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ Provinsi Jawa Timur.

” Sebagai tuan rumah, kita harus menampilkan perilaku gupuh, lungguh, suguh. Karena ini momentum meningkatkan perekonomian di Kota Pasuruan. Maka kita harus menjadi tuan rumah yang baik salah satunya dengan menyajikan kebersihan lingkungan dalam menyambut tamu” pungkas Gus Ipul (hly)