Aktual

JARINGAN KOTA PUSAKA INDONESIA KE VII TAHUN 2019

Kegiatan Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) Ke VII Tahun 2019 dilaksanakan di Kabupaten Karangasem Provinsi Bali. Kegiatan JKPI tersebut dimulai pada hari Jum’at sampai dengan hari Senin tanggal 21 Juni sampai dengan tanggal 24 Juni 2019. Pada hari Jum’at malam kegiatan tersebut diawali dengan Jamuan Makan Malam (Welcome Dinner) di Pendopo Puri Lembu Agung Kota Amlapura Kabupaten Karangasem. Dalam Jamuan Makan Malam tersebut dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Karangasem, Staf Ahli Menteri Koordinator Kemaritiman Republik Indonesia, Bupati dan Walikota anggota Presidium JKPI, Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok, Direktur Eksekutif JKPI, Ketua BBPI, Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem, Kepala OPD di lingkungan Kabupaten Karangasem, Bupati dan Walikota Se-Indonesia, Pimpinan Instansi vertical BUMN dan BUMD, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Se-Kabupaten Karangasem serta undangan lain.

Dalam kesempatan ini Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST beserta Ibu hadir dalam Jamuan Makan Malam didampingi Asisten I, Kepala OPD terkait di Lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan dan Camat Se-Kota Pasuruan.

Menurut Bupati Karangasem Ibu I Gusti Ayu Mas Sumantri, S.Sos, MAP menyampaikan kegiatan JKPI ke VII ini merupakan suatu kehormatan bagi Kabupaten Karangasem sebagai tuan rumah dan dipercaya untuk menyelenggarakan JKPI Ke VII tahun 2019. Agenda dalam JKPI ini diawali dengan Jamuan Makan Malam, Gelar Budaya Nusantara, Pameran Pusaka Nusantara, Pawai Budaya Nusantara dan Rakernas VII JKPI. Kabupaten Karangasem merupakan Kota Pusaka yang memiliki keragaman aset sosial, pusaka dan ada 5 Puri, aset Taman Sukamade yang memiliki panorama yang luar biasa. Ada juga wisata spiritual dan tarian yang diakui oleh UNESCO. Disamping itu, ada Puri Pusat Pemerintahan waktu Karangasem masih berbentuk kerajaan.

Lebih lanjut dikatakan, Kabupaten Karangasem juga memiliki pusaka alam yakni bukit jambul dan Pura Besakih terbesar di Provinsi Bali bahkan di dunia. Bentang alam sawah yang cukup luas, ada juga peninggalan bawah laut yakni Kapal Liberty, Pohon Kepel umurnya ratusan tahun yang merupakan maskot flora dan disakralkan, pariwisata spiritual berbasis adat, desa wisata dan masih banyak lagi aset pusaka yang dimiliki Kabupaten Karangasem. Mohon doa restu, semoga rangkaian kegiatan JKPI ke VII bisa lancer dan tidak ada kendala apa-apa. Kabupaten Karangasem merupakan spiritnya Bali.

Seusai sambutan diteruskan dengan penyerahan buku master class JKPI dari Walikota Surakarta, Bupati Siak, Direktur Eksekutif JKPI diberikan ke Bupati Karangasem. Buku master class JKPI merupakan buku kumpulan dan informasi pusaka dari masing-masing Kabupaten dan Kota anggota JKPI.

Dalam acara Jamuan Makan Malam tersebut juga ada penyerahan cindera mata dari semua anggota JKPI di berikan kepada Bupati Karangasem  dan penyerahan cindera mata dari Bupati Karangasem kepada semua anggota JKPI.