Jalan sehat sarungan yang diikuti oleh ribuan peserta mulai dari santri pondok pesantren, lembaga pendidikan islam, keluarga besar Nadhatul Ulama, Ormas Islam dan banyak lagi, dengan penuh bersemangat dan antusias memeriahkan/menyemarakkan jalan sehat sarungan. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kota Pasuruan pada hari Minggu pagi tanggal 20 Oktober 2019 yaitu dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional ke 4 Tahun 2019. Jalan Sehat Sarungan tersebut secara resmi diberangkatkan oleh Plt. Walikota Pasuruan di Depan Kantor Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga. Juga hadir Ketua DPRD beserta anggota, jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah beserta Ibu, Asisten, Kepala OPD beserta ASN di lIngkungan Pemerintah Kota Pasuruan , tokoh masyarakat, ulama, kyai, para habaib, ketua dan panitia penyelenggara Hari Santri Nasional.

Plt. Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST menyampaikan kegiatan jalan sehat sarungan  merupakan salah satu kegiatan olahraga non prestasi dan karakteristiknya berbeda dengan kegiatan jalan sehat yang selama ini kita ikuti, karena pada saat ini kita akan bergerak dan berjalan dengan menggunakan kostumm olahraga   dan bersarungan. Kegiatan ini juga merupakan manifestasi kebersamaan dan kerjasama yang baik antara Pemerintah Kota Pasuruan, PCNU Kota Pasuruan dan segenap masyarakat Kota Pasuruan khususnya para santri yang ada di Pondok Pesantren di wilayah Kota Pasuruan.

Lebih lanjut dikatakan, kita adalah satu Indonesia, satu tumpah darah, satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia. Oleh karena itu marilah kita selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan ada pihak-pihak luar yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan yang selama ini sudah terjalin dengan baik. Melalui even ini, Pemerintah Kota Pasuruan menyatakan siap mendukung   penuh pelantikan Presiden Dan Wakil Presiden Republik Indonesia Terpilih Periode 2019-2024. Semoga kondusivitas Negara kita akan tetap terjaga khususnya di Kota Pasuruan. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)  harga mati.

Sebelum jalan sehat sarungan diberangkatkan , didahului dengan gerakan nasional mendukung pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode Tahun 2019 – 2024.

Rute yang dilalui peserta jalan sehat sarungan Start di depan Kantor Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga (Jalan Sultan Agung) – Jalan Slagah – Jalan Hayam Wuruk – Jalan Panglima Sudirman – Jalan Margo Utomo  – Jalan Sukun – Jalan Sultan Agung depan Kantor Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga (Finish).Panitia penyelenggara Hari Santri Nasional Kota Pasuruan menyediakan berbagai hadiah  dan banyak lagi hadiah doorprize.