AktualPublikasi

Kunjungi Oemah Craft, Pemkot Komitmen Fasilitasi Karya Penyandang Disabilitas

Pasuruan Kota Madinah. Pemerintah Kota Pasuruan akan memprioritaskan karya penyandang disabilitas untuk dipamerkan dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Pasuruan. Pemkot juga akan terus memberi bantuan mereka untuk bisa terus berkarya.

Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat mengunjungi Oemah Craft di Kelurahan Kepel, Kecamatan Bugulkidul, Kota Pasuruan, Selasa (25/01/2022) sore.

Rupanya hal ini menjadi suatu yang luar biasa bagi Gus Ipul. Gus Ipul menyampaikan akan prioritaskan hasil karya penyandang disabilitas untuk bisa mengikuti pameran atau perlombaan dalam beberapa kegiatan.

“Sementara dalam waktu dekat ini kami akan prioritaskan mereka ketika ada kegiatan dan fasilitasi yang diberikan oleh Pemerintah Kota Pasuruan akan kami tingkatkan,” paparnya

Tak sampai disitu, Pemerintah Kota Pasuruan akan terus berupaya memberikan kemudahan perizinan dan pasca produksi karya-karya mereka. Mengingat produk penyandang disabilitas di Oemah Craft sudah mendapat peminat dari mancanegara.

Menurut Gus Ipul, penyandang disabilitas tidak hanya membutuhkan support permodalan, namun juga mempermudah perizinan pasca produksi yang merupakan visi dan misi Kota Pasuruan Kota Madinah khususnya Harmoni Warganya.

“Kebijakan khusus perempuan dan disabilitas ini menjadi salah satu kebijakan khusus yang harus dikawal,” ujar Gus Ipul

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komunitas Omah Craft, Mabrur menyebut perkumpulan disabilitas Kota Pasuruan sangat optimis untuk berkarya dan berani berbeda.

“Awalnya pada tahun 2009 kami mencoba membuat kelompok usaha bersama dan alhamdulillah saat ini produk kami mulai diminati dan bisa dikirim ke berbagai daerah bahkan hingga ke mancanegara,” papar Mabrur.

Tentu perjuangannya bersama penyandang disabilitas yang lain tidak mudah. Tapi dengan penuh semangat ia mampu memberi motivasi bagi kaum disabilitas lainnya sehingga dapat memulai berinovasi dan berkarya.

Produk yang menjadi primadona di Oemah Craft saat ini adalah lampu hias yang dikirim ke Lombok, Kalimatan, Bali, Palembang, Bogor, Cirebon, hingga ke luar negeri seperti Malaysia dan Singapura. (lio/fit)