AktualPublikasi

Gus Ipul Dukung Keberadaan Sanggar Seni Dharma Budaya dalam Upaya Pelestarian Budaya

Pasuruan Kota Madinah. Wali Kota Pasuruan H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menghadiri Sanggar Seni Dharma Budaya yang menggelar tasyakuran HUT Sanggar yang ke-43. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Kesenian Dharmayudo, Minggu (7/7/24).

Sanggar seni Dharma Budaya merupakan Sanggar yang mengembangkan seni tari klasik dan kreasi baru. Namun Sanggar ini fokus pada gaya Jawa Timuran. Mereka berkreasi di bidang seni tari, karawitan, pedalangan, serta campursari.

Di awal sambutannya Gus Ipul menyampaikan ucapan terimakasih atas ikut sertanya dan menyaksikan secara langsung gelaran tasyakuran HUT Sanggar Seni Dharma Budaya ke-43 tahun.

“Selamat ulang tahun yang ke-43. Saya bersyukur dan mengucapkan terimakasih karena saya bisa langsung menyaksikan pertunjukan-pertunjukan tarian tradisional yang sangat megah ini,” ucapnya

Gus Ipul mengatakan, dalam upaya melestarikan budaya di Kota Pasuruan, Pemkot Pasuruan telah menyediakan Gedung Kesenian Dharmayudo sebagai tempat penyaluran bakat seni dan budaya.

“Gedung ini dipersembahkan khusus untuk dunia seni. Para seniman dengan segala usia yang memiliki karya bisa menggunakan Gedung ini sebagai tempat penyaluran bakat nya,” kata Gus Ipul

Dan terkait hal itu, ditambahkannya sebagai Walikota akan terus berusaha memberikan dukungan terhadap karya seni dan budaya yang terlahir dari seniman Kota Pasuruan.

“Maka dari itu banyak sekali kegiatan yang juga melibatkan para seniman untuk ikut serta dalam mengisi acara di kegiatan Pemkot Pasuruan,” sambungnya

Menurut Gus Ipul, nantinya para seniman juga akan ikut serta dalam event Car Free Night dan Car Free Day yang diselenggarakan setiap bulannya.

“Kegiatan ini salah satunya adalah akan melibatkan seniman dan budayawan untuk bisa dimanfaatkan adu tampil karyanya,” ujarnya

Gus Ipul meminta agar keberadaan sanggar seni Dharma Budaya dapat dijadikan sebagai wadah bagi komunitas sekumpulan orang untuk berkegiatan seni dan perlu mendapat perhatian dan dukungan dari semua pihak.

“Dengan adanya sanggar, dapat menjadi media bagi para generasi muda untuk mengetahui dan mendalami seni budaya yang kita miliki,” jelas Gus Ipul

Dalam rangkaian acara HUT Sanggar Seni Dharma Budaya disuguhkan dengan berbagai penampilan baik tari tradisional maupun kreasi baru. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Walikota Pasuruan H. Adi Wibowo, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga dan perwakilan anggota DPRD Kota Pasuruan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *